Pengaturan Kepemilikan Rumah Susun oleh Warga Negara Asing di Indonesia

  • Artha Munnofa Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Warah Atikah Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang sangat pesat di Indonesia berdampak besar pada aspek kehidupan masyarakat, termasuk perumahan. Pertumbuhan penduduk yang pesat juga harus diikuti dengan pembangunan kawasan pemukiman. Pertumbuhan penduduk yang cepat berbanding lurus dengan kebutuhan lahan untuk perumahan di perkotaan. Untuk memenuhi kebutuhan rumah khususnya di perkotaan, salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah pembangunan rumah susun. Kemudian kedatangan warga negara asing (WNA) juga menjadi penambah devisa, tidak hanya warga negara Indonesia yang berniat memiliki rumah susun di Indonesia tetapi juga warga negara asing yang juga ingin memiliki rumah susun di Indonesia. Dalam hal ini, peluang kepemilikan rumah susun oleh warga negara asing serta kepastian hukum mengenai kepemilikan rumah susun oleh warga negara asing di Indonesia telah diatur dalam hukum positif di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah yuridis normatif dengan pendekatan masalah konseptual dan perundang-undangan. Dari hasil penelitian. Dari hasil kajian dapat disimpulkan bahwa warga negara asing mempunyai kesempatan untuk memiliki rumah susun di atas tanah dengan hak tertentu yaitu hak pakai atas tanah tersebut. Kemudian untuk kepastian hukum atas kepemilikan rumah susun, warga negara asing dapat memiliki sertifikat hak milik atas satuan rumah susun atas dasar hak pakai dan berada di atas tanah negara.
Kata Kunci: Kepemilikan; Rumah Susun; Warga Negara Asing.

The very rapid population growth in Indonesia has a major impact on aspects of people's lives, including housing. Rapid population growth must also be followed by the development of residential areas. Rapid population growth is directly proportional to the need for land for housing in urban areas. In order to fulfill housing needs, especially in urban areas, one of the solutions to the problem is the construction of flats. Then the arrival of foreign nationals (foreigners) is also an addition to foreign exchange, not only Indonesian citizens who intend to own flats in Indonesia but also foreign citizens who also want to own flats in Indonesia. In this case, the opportunity for ownership of flats by foreign citizens (WNA) as well as legal certainty regarding ownership of flats by foreign citizens in Indonesia have been regulated in positive law in Indonesia. The research method used in writing this thesis is normative juridical with a conceptual and statutory problem approach. From the research results. From the results of the study, it can be concluded that foreign nationals have the opportunity to own an apartment on land with certain rights, namely the right to use the land. Then for legal certainty of flat ownership, foreign citizens can have a certificate of ownership of the apartment unit on the basis of the right to use and located on state land.
Keywords: Ownership; Flats; Foreign Nationals.

References

Affan, Mukti. 2006. Pokok-pokok Bahasan Hukum Agraria. Medan: USUpress.
Kansil, C.S.T. 1989. Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hasan, Djuhaendah. 1966. Lembaga Jaminan Kebendaan Bagi Tanah Dan Benda Lain Yang Melekat Pada Tanah Dalam Konsepsi Penerapan Asas Pemisahan Horisontal. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Marzuki, Peter Mahmud. 2006. Penelitian Hukum. Jakart:Kencana
Soeprapto, R 2016. Tata Cara Pendaftaran Bangunan Bertingkat di Indonesia dan Negara-negara Lain Berdasarkan UU No. 16 Tahun 1985. Jakarta.
Rustandi, Achmad, Bachtiar Ibrahim. 1983. Pengantar Teori Hukum.Bandung: Multi Karya Ilmu.
Siregar, Tampil Ashari 2005. Pendalaman Lanjutan Undang-Undang Pokok Agrarian, Medan: Pusaka Bangsa Press.
Supramono, Gatot. 2012. Hukum Orang Asing di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.
Susanti, Dyah Ochtorina, Efendi, A’an. 2015. Penelitian Hukum (Legal Research). Jakarta: Sinar Grafika.
Sutedi, Adrian. 2010. Hukum Rumah Susun & Apartemen. Jakarta: Sinar Grafika.
Published
2022-12-30
How to Cite
MUNNOFA, Artha; ATIKAH, Warah. Pengaturan Kepemilikan Rumah Susun oleh Warga Negara Asing di Indonesia. Jurnal Kajian Konstitusi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 157-165, dec. 2022. ISSN 2962-3707. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JKK/article/view/27913>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jkk.v2i2.27913.