Strategi Lembaga Pendidikan untuk Meminimalkan Kendala Psikologis dan Akademik Siswa pada Masa Transisi dari TK ke SD di SDN Sumberejo VII Ambulu Jember

  • Muhammad Haidlor Universitas Jember

Abstract

Transisi dari taman kanak-kanak (TK) ke sekolah dasar (SD) merupakan fase penting dalam pendidikan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh lembaga pendidikan untuk meminimalkan kendala psikologis dan akademik siswa selama masa transisi di SDN Sumberejo VII Ambulu Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan ramah anak, penyelarasan kurikulum, pelatihan guru, dan keterlibatan orang tua secara aktif dapat mengurangi kendala psikologis dan meningkatkan kesiapan akademik siswa

Published
2024-10-31
How to Cite
HAIDLOR, Muhammad. Strategi Lembaga Pendidikan untuk Meminimalkan Kendala Psikologis dan Akademik Siswa pada Masa Transisi dari TK ke SD di SDN Sumberejo VII Ambulu Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 375-379, oct. 2024. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/53564>. Date accessed: 19 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i3.53564.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.