Aplikasi Problem Based Learning berbantuan MOODLE untuk Menumbuhkan Self Regulated Learning Siswa dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekologi Kelas X IPA 2 (SMA Negeri 3 Jember)

  • Lailiyah Maghfiroh Universitas Jember
  • Wachju Subchan Universitas Jember
  • Mochammad Iqbal Universitas Jember

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat menjadikan siswa mergulasi dirinya untuk belajar atau Self Regulated Learning (SRL) dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan MOODLE. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan SRL siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan MOODLE pada materi Ekologi siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Desain  penelitian ini menggunakan model siklus Kemmis & McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pertumbuhan SRL siswa pada pembelajaran Ekologi. SRL siswa meningkat sebanyak 43% mulai dari pra siklus hingga pasca siklus. Penelitian juga menunjukkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif secara klasikal, yaitu pada pra siklus memiliki persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 8,82%. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 76,47%.  Hasil belajar aspek afektif secara klasikal pada siklus 1 sebanyak 78,82%, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 83,9%. Kemudian, pada hasil belajar aspek psikomotorik menunjukkan secara klasikal siswa yang semakin meningkat dengan persentase 82,17% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 88,11% pada siklus 2 sehingga meningkat 5,94%.


 


Kata Kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning, MOODLE, Self Regulated Learning, hasil belajar.

Published
2016-03-01
How to Cite
MAGHFIROH, Lailiyah; SUBCHAN, Wachju; IQBAL, Mochammad. Aplikasi Problem Based Learning berbantuan MOODLE untuk Menumbuhkan Self Regulated Learning Siswa dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekologi Kelas X IPA 2 (SMA Negeri 3 Jember). Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 5-11, mar. 2016. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4312>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i1.4312.
Section
Articles