Potensi Bahan Galian C Kabupaten Gresik Berdasarkan Kajian Geologi

  • Januar Fery Irawan Program Studi Teknik Pertambangan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37 Jember

Abstract

Era Otonomi, yang diperluas pada saat ini untuk pembangunan daerah perlu didukung dengan adanya sumber daya alam daerah. Oleh karena itu maka posisi dan penyebaran kekayaan daerah perlu diketahui secara pasti, sehingga langkah-langkah dalam pemanfaatan sumber daya alam tersebut dapat direncanakan secara berkesinambungan dan lestari. Sumber daya alam suatu daerah adalah aset pembangunan dan merupakan salah satu modal dasar pembangunan serta sebagai sumber atau potensi kekayaan yang ada di daerah. Oleh karena itu, potensi sumberdaya mineral yang bisa dijadikan sebagai bahan galian industri penting untuk dilakukan. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengethui potensi sumber daya mineral di Kabuapaten Gresik berdasrkan kajian Geologi. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan Survey dan Kajian Geologi. Berdasarkan uji petrologi pada beberapa sampel diketahui bahwa potensi sumbe daya mineral di lokasi penelitian terdiri dari batugamping, batulempung, dolomit, batupasir kwarsa dan endapan fosfat.

Published
2020-12-23
How to Cite
IRAWAN, Januar Fery. Potensi Bahan Galian C Kabupaten Gresik Berdasarkan Kajian Geologi. JENERAL: Jurnal Teknologi Sumberdaya Mineral, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 11-17, dec. 2020. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JENERAL/article/view/21559>. Date accessed: 13 may 2021.
Section
Articles