Guideline for Reviewer

Reviewer bertanggung jawab untuk melakukan kritik ilmiah melalui membaca dan mengevaluasi teks dalam bidang keilmuan tertentu, kemudian memberikan saran dan umpan balik yang membangun kepada penulis atas artikel yang dikirimkan. Diskusikan kekuatan dan kelemahan sebuah artikel, dan mencoba untuk membantu meningkatkan kekuatan dan kualitas teks.

Sebelum proses review:

  1. Periksa apakah artikel tersebut sesuai dengan bidang subjek Anda.
  2. Apakah Anda punya waktu untuk meninjau artikel?
  3. Apakah Ada Benturan Kepentingan?

Proses Review:

  1. Judul: apakah artikel telah diilustrasikan?
  2. Abstrak: apakah sudah mencerminkan isi artikel?
  3. Pendahuluan: sudahkah Anda menjelaskan keakuratan materi yang dikirimkan dalam artikel? Pendahuluan harus merangkum konteks yang sesuai dengan penelitian, menjelaskan temuan dalam penelitian. Harus menjelaskan eksperimen, hipotesis dan metode
  4. Metode: lengkap dan lengkap sudahkah penulis menjelaskan dengan jelas bagaimana data dikumpulkan? Apakah landasan teori cukup untuk digunakan dalam penelitian? Apakah jumlah sampelnya cukup? Apakah ada metode baru?
  5. Hasil: Penelitian harus dapat menjelaskan temuan dalam penelitiannya. Apakah analisisnya jelas? Digunakan alat statistik?
  6. Diskusi: Apakah penulis membandingkan dengan hasil penelitian sebelumnya. Apakah hasilnya bertentangan dengan teori sebelumnya?

Kesimpulan: apakah ini menjelaskan bagaimana penelitian yang lebih baik dapat dilakukan pada tahap selanjutnya?