MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE USE OF TECHNOLOGY DI PERKULIAHAN DARING

  • Anggun Ayu Wangi Universitas Jember
  • Alwan Sri Kustono Universitas Jember
  • Rochman Effendi Universitas Jember

Abstract

This study aims to analyze the effectiveness of online lectures for accounting students at Jember University by utilizing a technology acceptance model called the Unified Theory of Acceptance Use of Technology (UTAUT) model. This study uses primary data obtained directly from the respondents. The data collection process was carried out by distributing questionnaires online via google form. The sampling technique in this study used a random sampling method. We determine the number of samples using the Slovin formula. We used SPSS software version 25 and AMOS version 21 to process the data questionnaire. The results of the analysis in the study showed that there was a significant positive relationship between performance expectations and students' behavioral intentions when studying boldly. This is inversely proportional to the results between business expectations and behavioral intentions which do not have a significant positive result. Social influence has a significant positive effect on behavioral intentions when learning. The condition of the facility has no positive effect on behavioral intentions. Intention to behave positively towards using behavior. Furthermore, using behavior has a positive effect on the GPA. These results indicate that the online course for accounting students at the University of Jember is running effectively.
Keywords: Effectiveness, Online Lecture, UTAUT


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas perkuliahan daring bagi mahasiswa Akuntansi Universitas Jember dengan memanfaatkan sebuah model penerimaan teknologi yang bernama model Unified Theory of Acceptance Use of Technology (UTAUT). Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat secara langsung dari responden. Proses pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online melalui google form. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode pemilihan sampel secara acak (randomly sampling method). Penentuan banyaknya jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Pengolahan data kuesioner dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25 dan AMOS versi 21. Hasil analisis pada penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara ekspektasi kinerja dengan niat berperilaku mahasiswa pada saat perkuliahan daring. Hal ini berbanding terbalik dengan hasil antara ekspektasi usaha dengan niat berperilaku yang tidak memiliki hasil secara positif signifikan. Pengaruh sosial berpengaruh positif signifikan terhadap niat berperilaku pada saat perkuliahan daring. Kondisi fasilitas tidak berpengaruh secara positif terhadap niat berperilaku. Niat berperilaku berpengaruh secara positif terhadap perilaku menggunakan. Selanjutnya yaitu perilaku menggunakan berpengaruh secara positif terhadap Indeks Prestasi. Hasil ini menunjukkan bahwa kuliah daring bagi mahasiswa Akuntansi Universitas Jember berjalan efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, Perkuliahan Daring, UTAUT

References

Amran, A. (2021). Dampak positif dan negatif proses pembelajaran daring pada Mata Kuliah Responsive Speaking dari segi Tulisan bagi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora,1(1),434–444. http://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/sintesa/article/view/342

Cintania, S. A., Rosyid, M., Pandu, I., Satria, A., & W, G. T. (2021). Pengaruh Kuliah Online pada IPK Mahasiswa Menggunakan Metode Distribusi. The Effect of Online Learning on College Student’s GPA Based on GPA Score Survey Using Binomial Distribution Method. December.

Chaniago, F. (2020). Kuliah Via Daring Berdampak ke IPK Mahasiswa, benarkah? Jurnal Post.

Handayani, T., & Sudiana. (2015). Analisis Penerapan Model Utaut (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Pada Sttnas Yogyakarta). Jurnal Angkasa, VII (2), 165– 180.

Hasan, N., Soewarno, N., & Isnalita, I. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Proses Pembelajaran dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Kajian Akuntansi, 3(1), 68. https://doi.org/10.33603/jka.v3i1.2130

Indah, M., & Agustin, H. (2019). Penerapan Model Utaut (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology) Untuk Memahami Niat Dan Perilaku Aktual Pengguna Go-Pay Di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(4), 1949–1967. https://doi.org/10.24036/jea.v1i4.188

Inzaghi, A., & Priyono, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Mobile Payment: Memperluas Model Meta-UTAUT dengan Faktor Personal Innovativeness, Anxiety, Trust, dan Grievance Redressal. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(02), 186–205. https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24777

Jaya, I. (2021). Penguatan Sistem Kesehatan dalam Pengendalian COVID-19.

Kartika, K. (2015). Pengaruh Keragaman Media dan Imbalan Eksternal Terhadap Niat Berbagi Pengetahuan Mahasiswa dan Dosen Akuntansi. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 8(1), 92-103.

Kemendikbud, P. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Kiswanto, M. D., & Syamsuar, D. (2022). Analisis Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Akademik Menggunakan Integrasi UTAUT (Unified Theory Of Acceptance Use Of Technology) Dan TRA (Theory Of Reasoned Action). Jurnal Informatika Global, 12(2), 118–127. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/IG/article/view/2055%0Ahttp://ejournal. uigm.ac.id/index.php/IG/article/viewFile/2055/1519

Khoirunnisak, W. (2016). Implementasi Model Penerimaan Unified Theory Of Acceptance And User Of Technology (UTAUT) Untuk Menganalisis Faktor- Faktor Penerimaan Dosen Terhadap Penggunaan E-Learning Share-ITS. Tesis, 200–202.

Nursofwa, R. F., Sukur, M. H., Kurniadi, B. K., &. H. (2020). Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Kesehatan. Inicio Legis, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21107/il.v1i1.8822

Nofiantoro, W., & Wildan, N. I. (2020). Tingkat Penerimaan Pengguna Dengan Model Utaut: Studi Kasus Emas. Ui. Ac. Id Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 3, 27–37. http://journal.vokasi.ui.ac.id/index.php/jabt/article/view/115/0

Paksitya. (2020). Curhatan Civitas Akademika Universitas Jember tentang Work from Home (WFH). https://sarjana- sipil.teknik.unej.ac.id/2020/06/26/curhatan-civitas-akademika-universitas- jember-tentang-work-from-home-wfh/

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/669

Riyanto, Z., & Riyanto, Z. (2019). Analisis Perilaku Mahasiswa Sains Dan Teknologi Dalam Penggunaan Smartphone (Gadget) Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik. PERFORMA Media Ilmiah Teknik Industri, 17(2), 132– 138. https://doi.org/10.20961/performa.17.2.28802

Rohmatulloh, I. H., & Nugraha, J. (2022). Penggunaan Learning Management System di Pendidikan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19: Model UTAUT. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(1), 48–66. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n1.p48-66

Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang pada Pelanggan Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425–444.

Supomo, N. I. dan B. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen (Pertama). BPFE-YOGYAKARTA.

Viswanath Venkatesh, Michael G. Morris, Gordon B. Davis, and F. D. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View," Management Information Systems Research Center, University of Minnesota, 27.

Widyanto, I. P., Merliana, N. P. E., & Tantri, N. N. (2021). Penerimaan Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 186. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n2.p186-203.

Wijaya, F., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Word Of Mouth. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.323

Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Sekolah Minggu Buddha (Smb) Terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik Di Smb Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39–52. https://maitreyawira.e-journal.id/jm/article/view/18
Published
2022-12-31
How to Cite
WANGI, Anggun Ayu; KUSTONO, Alwan Sri; EFFENDI, Rochman. MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE USE OF TECHNOLOGY DI PERKULIAHAN DARING. JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 136-150, dec. 2022. ISSN 2460-0377. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JAUJ/article/view/35466>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jauj.v20i2.35466.
Section
Articles