PERANCANGAN APLIKASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PRODUK TURUNAN TAPE SINGKONG DALAM USAHA MENCAPAI HARGA KOMPETITIF

  • Hendrawan Santosa Putra Universitas Jember
  • Wahyu Agus Winarno Universitas Jember

Abstract

Pada umumnya, pengusaha tape dan produk turunannya belum mampu untuk mengukur secara akurat biaya-biaya dalam proses produksi. Akibatnya, mereka kehilangan informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan strategis terutama untuk penentuan harga jual. Pengusaha yang masih menggunakan perhitungan kasar atau tradisional, akan mengalami kesulitan dalam memasuki lingkungan industri dengan tingkat persaingan yang tinggi. Di lain sisi, pengusaha juga akan mengalami kesulitan dalam mengetahui komponen-komponen dalam biaya produksinya yang dapat ditekan atau dihilangkan untuk mencapai proses produksi yang ekonomis dan efisien.

Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukakan perhitungan harga pokok produksi yang aplikatif dan sederhana bagi para pengusaha produk turunan tape. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskrptif interpretatif. Penelitian ini mendeskripsikan gambaran proses produksi kemudian menginterpretasikan model harga pokok produksi dan mengembangkan perangkat lunak untuk model tersebut.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif khususnya  bagi pengusaha dalam menyelesaikan perhitungan harga pokok produksi secara efektif  dan  efisien dengan menggunakan aplikasi berbasis Microsoft Excel Macro.  Kesimpulan dari  penelitian  adalah  jika  pengusaha telah  menggunakan  aplikasi  ini, maka mereka dapat meminimalisir kesalahan dan proses penentuan biaya produksi sampai dengan penentuan harga jual yang kompetitif dengan lebih cepat dan akurat.

Kata kunci : Aplikasi, Harga Pokok Produksi, Harga Kompetitif, Microsoft Excel Macro.
Published
2015-03-31
How to Cite
PUTRA, Hendrawan Santosa; WINARNO, Wahyu Agus. PERANCANGAN APLIKASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PRODUK TURUNAN TAPE SINGKONG DALAM USAHA MENCAPAI HARGA KOMPETITIF. JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 17-31, mar. 2015. ISSN 2460-0377. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JAUJ/article/view/1408>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jauj.v12i2.1408.
Section
Articles