Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Petunjuk Umum

Jurnal Agromedicine and Medical Sciences (AMS) adalah jurnal berkala empat bulan (Februari, Juni dan Oktober) yang berisi berbagai artikel dalam bentuk penelitian, tinjauan sistematis dan laporan kasus dalam bidang kedokteran dengan fokus pada ilmu-ilmu kedokteran dasar, kedokteran klinis dan agromedis. Semua naskah yang diajukan harus mengandung riset asli yang sebelumnya tidak dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain. Semua penulis telah membaca dan menyetujui isi naskah, dan bahwa setiap penelitian eksperimental yang dilaporkan dalam naskah telah dilakukan dengan persetujuan dari komite etik.


Pemilihan artikel yang diterbitkan di AMS menggunakan sistem blind peer-review. Semua artikel yang diterima oleh AMS akan dibahas oleh para ahli di bidang yang relevan dari ilmu pengetahuan dan para editor. Proses review dilakukan dalam waktu maksimum 2 bulan untuk satu putaran review.

 

Artikel review dapat dikategorikan menjadi 4, yaitu artikel diterima tanpa perbaikan (Accepted Submission), artikel membutuhkan revisi dari penulis sebelum penerimaan (Required Revision), penulis harus melakukan perbaikan mendasar dan artikel akan melalui proses review lagi (Resubmit for Review), dan artikel tidak dapat diterima untuk publikasi (Decline Submission). Durasi satu bulan sejak pengumuman diberikan untuk memperbaiki artilkel. Para penulis yang tidak memperbaiki artikel dalam waktu satu bulan, secara otomatis dianggap membatalkan publikasi dan juga membatalkan semua pernyataan penerimaan sebelumnya.


Penulisan Artikel

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan harus memenuhi aturan standar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan. Bila terdapat istilah atau singkatan yang tidak standar, harus disertai dengan keterangan. Unit pengukuran ditulis sesuai dengan Sistem Internationale (SI-Unit). Naskah harus diketik menggunakan Microsoft Word dengan font Calibri, ukuran 12 pt untuk judul, 10 pt untuk teks, 9 pt untuk judul tabel / gambar, spasi 1,5 dengan pengaturan kertas ukuran A4.
Identitas penulis ditulis dalam file terpisah (sebagai file tambahan) pada "Lembar Identitas Penulis" meliputi seluruh identitas penulis yaitu nama lengkap (tanpa gelar) bersama dengan afiliasi lembaga, dengan nomor telepon, nomor faks , alamat dan e-mail korespondensi. File lain yang harus disertakan sebagai berkas tambahan adalah lembar persetujuan publikasi dan plagiarisme, dan file sumber data tabel dan file sumber data gambar (jika menggunakan tabel dan gambar).
Artikel yang diajukan ke jurnal AMS harus dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut:

JUDUL
Judul artikel ini secara singkat dan jelas ditulis baik dalam bahasa Indonesia dan dalam bahasa Inggris, maksimal 16 kata. Nama lengkap masing-masing penulis harus disertai dengan afiliasi lembaga, kota, kode pos dan negaranya. Email korespondensi juga harus ditulis.

Contoh judul :

Altered Hepatic Lipid Metabolism Contributes to Nonalcoholic Fatty Liver Disease in Leptin Deficient Ob/Ob Mice

James W. Perfield II,1, 2 Laura C. Ortinau,1 R. Taylor Pickering,1 Meghan L. Ruebel,3 Grace M. Meers,3, 4 and R. Scott Rector1, 3, 4

1 Department of Nutrition and Exercise Physiology, University of Missouri, Columbia, MO 65211, USA

2 Department of Food Science, University of Missouri, Columbia, MO 65211, USA

3 Division of Gastroenterology and Hepatology, Department of Internal Medicine, University of Missouri, Columbia, MO 65211, USA

4 Harry S. Truman Memorial Veterans’ Medical Center, Columbia, MO 65201, USA

Correspondence email: rectors@health.missouri.edu



ABSTRAK DAN KATA KUNCI

Abstrak ditulis tanpa sub judul dan harus jelas dan ringkas baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam satu paragraf. Abstrak artikel penelitian mengandung tidak lebih dari 300 kata, yang berisi latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan sementara abstrak laporan kasus terdiri dari latar belakang, tujuan, ringkasan kasus, dan kesimpulan. Abstrak artikel dan laporan kasus berisi tidak lebih dari 150 kata. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan memilih 3-6 kata yang dapat membantu untuk mengindeks.


PENDAHULUAN
Berisi latar belakang dan tinjauan penelitian sebelumnya, hipotesis (jika ada), dan tujuan penelitian. Pendahuluan harus dapat menunjukkan kesenjangan/gap dan keberadaan ilmu pengetahuan yang menggambarkan kualitas, signifikansi, dan kebaruan dari suatu ide/gagasan.


METODE
Bab ini (untuk artikel penelitian) menjelaskan desain dan metode penelitian dengan jelas dan ringkas yang ditulis dengan referensi pustakanya. Bagian metode harus menjelaskan desain, populasi, pemilihan subyek atau sampel penelitian, metode pengumpulan data dan instrumen yang digunakan, dan metode analisis data. Penjelasan metode harus singkat dan jelas yang memungkinkan peneliti lain untuk mengulangi. Jika metode (termasuk analisis statistik) yang digunakan adalah baru atau belum banyak digunakan, maka harus ditulis dengan referensi pustakanya.


HASIL
Pada bagian hasil, penulis harus mengulas interpretasi pada setiap bentuk hasil baik berupa tabel maupun gambar. Interpretasi naratif menjelaskan arti dari data dan bukan pengulangan dari isi gambar atau angka. Bab ini (untuk penelitian artikel atau laporan kasus) dapat berisi maksimal 6 tabel dan atau gambar/grafik. Setiap tabel diberi nomor dan judul singkat sesuai dengan urutan dalam naskah, dan setiap kolom diberi sub judul singkat. Judul tabel dan gambar harus dapat menggambarkan isinya.


PEMBAHASAN
Bab ini membahas hasil dan menyoroti penemuan-penemuan baru. Diskusi dalam bab ini juga menjelaskan mengapa penelitian memperoleh hasil yang sesuai dengan temuan, mekanisme pemerolehan hasil, dan alasan tentang adanya perbedaan dan persamaan dengan penelitian sebelumnya.


KESIMPULAN
Bagian ini harus menyatakan secara jelas kesimpulan utama dari penelitian dan memberikan penjelasan yang lengkap mengenai arti penting penelitian ini dan relevansinya serta (bila ada) saran untuk penelitian selanjutnya.


UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan Terima Kasih (jika ada) dibatasi hanya untuk para profesional dan mereka yang membantu penyusunan naskah, termasuk dukungan teknis, pendanaan, dan fasilitas dari lembaga.


REFERENSI
Jumlah referensi untuk artikel penelitian dan laporan kasus setidaknya 10 buah sedangkan untuk artikel review adalah minimal 20 buah. Referensi ditulis berdasarkan sistem Harvard dimana penulis terdaftar menurut abjad. Setidaknya 80% dari referensi adalah referensi utama (hasil penelitian) dari beberapa dekade terakhir, kecuali untuk informasi singkat dan tidak ada pustaka terbaru. Makalah yang telah dikirimkan untuk publikasi tetapi belum diterbitkan dapat digunakan sebagai referensi dan dinyatakan "in press". Nama-nama semua penulis ditulis jika total tidak lebih dari tiga orang dengan menuliskan nama keluarga dan diikuti dengan huruf pertama dari nama yang diberikan. Ketika penulis lebih dari tiga orang, hanya penulis pertama yang terdaftar, dan diikuti dengan "et al.". Judul ditulis sesuai dengan judul asli. Nama jurnal ditulis sepenuhnya sesuai nama resmi, diikuti oleh tahun, volume (jumlah), dan halaman artikel jurnal.

Contoh referensi:

Journal

Boddie AM, et al. 2000. Folate Absorption In Women With A History Of Neural Tube Defect-Affected Pregnancy. The American Journal of Clinical Nutrition. 72: 154-158.

Book

Rhoades R and Pflanzer R. 1996. Human Physiology. 3rd edition. Orlando, Florida: Saunders College Publishing; 1996; p. 137-350.

Chapters in books

Katzung BG dan Chatterjee K. 1998. Vasodilator dan Pengobatan Angina Pektoris. Di dalam: B.G. Katzung (Ed). Farmakologi Dasar dan Klinik edisi 6. Jakarta: EGC; p. 184-201.

Proceedings

Abdurrahman. 2003. Pendekatan Multidisiplin  pada Penanganan Patologi Muskuloskeletal. Proceeding Scientific Meeting & Workshop of Indonesian Musculoskeletal Pathology. Surabaya, March 22-23, p. 1-8.

Thesis/Thesis/Dissertation

Hoving EW. 1993. Frontoethmoidal Encephalocele, a Study of Their Pathogenesis. [Disertasi]. Rijk Universiteit, Groningen.

Internet

Njoku OU, Ononogbu IC and Nwachukwu DE. 1998. Plasma Cholesterol, B-carotene and ascorbic acid changes in Human Malaria. (Online) Sep: 27(3): 186-90. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/entrez/PubMed [accessed on 17 September 2001].

Artikel dapat diunggah langsung atau dikirimkan melalui email redaksi AMS : journalofams@gmail.com , dalam format words atau odt. Penulis harus membuat surat pernyataan yang berisi: bahwa artikelnya asli, artikel tidak sedang diajukan ke jurnal lain dan penulis tidak akan mengirimkan artikel yang sama ke jurnal lain selama proses review. Surat pernyataan harus ditandatangani oleh semua penulis dan dicap Rp. 6000- dan dilampirkan ke dalam file tambahan.

BIAYA

Biaya yang dibebankan kepada penulis meliputi biaya review Rp. 100.000 dan biaya penerbitan Rp. 100.000. Biaya review dibayar pada proses pengajuan, sementara biaya publikasi dipenuhi setelah artikel diterima untuk dipublikasi.