Jurnal Agromedicine and Medical Sciences (AMS) adalah jurnal berkala empat bulan (Februari, Juni dan Oktober) yang berisi berbagai artikel dalam bentuk penelitian, tinjauan sistematis dan laporan kasus dalam bidang kedokteran dengan fokus pada ilmu-ilmu kedokteran dasar, kedokteran klinis dan agromedis. Semua naskah yang diajukan harus mengandung riset asli yang sebelumnya tidak dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain. Semua penulis telah membaca dan menyetujui isi naskah, dan bahwa setiap penelitian eksperimental yang dilaporkan dalam naskah telah dilakukan dengan persetujuan dari komite etik.

Pemilihan artikel yang diterbitkan di AMS menggunakan sistem blind peer-review. Semua artikel yang diterima oleh AMS akan dibahas oleh para ahli di bidang yang relevan dari ilmu pengetahuan dan para editor. Proses review dilakukan dalam waktu maksimum 2 bulan untuk satu putaran review.

Artikel review dapat dikategorikan menjadi 4, yaitu artikel diterima tanpa perbaikan (Accepted Submission), artikel membutuhkan revisi dari penulis sebelum penerimaan (Required Revision), penulis harus melakukan perbaikan mendasar dan artikel akan melalui proses review lagi (Resubmit for Review), dan artikel tidak dapat diterima untuk publikasi (Decline Submission). Durasi satu bulan sejak pengumuman diberikan untuk memperbaiki artilkel. Para penulis yang tidak memperbaiki artikel dalam waktu satu bulan, secara otomatis dianggap membatalkan publikasi dan juga membatalkan semua pernyataan penerimaan sebelumnya.


Penulisan Artikel

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan harus memenuhi aturan standar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan. Bila terdapat istilah atau singkatan yang tidak standar, harus disertai dengan keterangan. Unit pengukuran ditulis sesuai dengan Sistem Internationale (SI-Unit). Naskah harus diketik menggunakan Microsoft Word dengan font Calibri, ukuran 12 pt untuk judul, 10 pt untuk teks, 9 pt untuk judul tabel / gambar, spasi 1,5 dengan pengaturan kertas ukuran A4.
Identitas penulis ditulis dalam file terpisah (sebagai file tambahan) pada "Lembar Identitas Penulis" meliputi seluruh identitas penulis yaitu nama lengkap (tanpa gelar) bersama dengan afiliasi lembaga, dengan nomor telepon, nomor faks , alamat dan e-mail korespondensi. File lain yang harus disertakan sebagai berkas tambahan adalah lembar persetujuan publikasi dan plagiarisme, dan file sumber data tabel dan file sumber data gambar (jika menggunakan tabel dan gambar).