Sistem Informasi Pengukuran Produktivitas Hotel di Kabupaten Jember Menggunakan Metode OMAX (Objective Matrix) dan AHP (Analytical Hierarchy Process) (Studi Kasus Hotel Istana)

  • Suci Nur Ramadhani Sistem Informasi, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Jember (UNEJ)
  • Antonius Cahya Prihandoko Sistem Informasi, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Jember (UNEJ)
  • Nelly Oktavia Adiwijaya Sistem Informasi, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Jember (UNEJ)

Abstract

Sistem informasi pengukuran produktivitas hotel di kabupaten Jember menggunakan metode OMAX dan AHP merupakan sistem yang bertujuan untuk melakukan perhitungan produktivitas hotel dalam suatu periode dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan peningkatan atau penurunan produktivitas sehingga program perbaikan dapat dilakukan ketika produktivitas mengalami penurunan. Metode OMAX digunakan untuk menghitung nilai indeks produktivitas pada periode pengukuran. Sedangkan metode AHP digunakan untuk menentukan nilai bobot pada indikator pengukuran. Sistem informasi pengukuran produktivitas hotel ini dibangun berbasis website agar dapat digunakan dengan mudah oleh manager dan setiap departemen yang ada. Sistem ini dibangun mengadopsi model waterfall. Hasil dari penelitian ini, sistem dapat melakukan perhitungan produktivitas dan menampilkan faktor yang mempengaruhi nilai produktivitas tersebut sehingga dapat membantu manager dalam mengontrol produktivitas. Dengan menggunakan sistem pengukuran produktivitas hotel ini dapat diketahui bahwa pada bulan Oktober 2016 indeks produktivitas mengalami peningkatan sebesar 7,8%. Faktor-faktor yang menyebabkan produktivitas meningkat dibanding periode sebelumnya yaitu rasio hunian kamar, rasio perawatan kamar dan rasio pelayanan F&B.
Kata Kunci: Pengukuran Produktivitas, Objective Matrix, AHP

Published
2018-05-04
How to Cite
RAMADHANI, Suci Nur; PRIHANDOKO, Antonius Cahya; ADIWIJAYA, Nelly Oktavia. Sistem Informasi Pengukuran Produktivitas Hotel di Kabupaten Jember Menggunakan Metode OMAX (Objective Matrix) dan AHP (Analytical Hierarchy Process) (Studi Kasus Hotel Istana). BERKALA SAINSTEK, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 10-16, may 2018. ISSN 2339-0069. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BST/article/view/7555>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bst.v6i1.7555.
Section
General