PERANCANGAN DAN PENERAPAN ALAT UKUR KEKERUHAN AIR MENGGUNAKAN METODE NEFELOMETRIK PADA INSTALASI PENGOLAHAN AIR DENGAN MULTI MEDIA CARD (MMC) SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN (STUDI KASUS DI PDAM JEMBER)

  • Fajri Rachmansyah Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Jember (UNEJ) Jln. Kalimantan 37, Jember 68121
  • Satrio Budi Utomo
  • Sumardi Sumardi

Abstract

Air keruh merupakan salah satu ciri air yang tidak bersih dan tidak sehat.Dari survei yang telah dilakukan di IPA Tegal Besar milik PDAM Jember, dalam memonitoring tingkat kekeruhan yang terjadi operator masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan memperkirakan nilai kekeruhan secara visual (kasat mata) dan mencatat hasil pengamatannya secara manual.Metode Nefelometrik merupakan suatu metode pengukuran kekeruhan air dengan cara melewatkan sumber cahaya pada air sehingga intensitas cahaya yang dipantulkan oleh bahan-bahan penyebab kekeruhan dapat diketahui.Semakin tinggi intensitas cahaya yang dihamburkan maka tingkat kekeruhanya semakin tinggi.Dengan penggunaan led sebagai sumber cahaya dan fotodioda sebagai detektor cahaya dipadukan dengan pemrosesan menggunakan mikrokontroler Atmega 32, maka tegangan dari sensor fotodioda yang berupa data analog dapat diolah menjadi data digital menggunakan fasilitas ADC (Analog to Digital Converter) dan dapat ditampilkan di lcd.Penambahan data logger juga digunakan menggunakan media penyimpanan sd card sehingga operator tidak perlu lagi mencatat data secara manual.Alat ini mampu mendeteksi kekeruhan hingga 20 NTU.Dengan error persen rata-rata sebesar 7,56 %.

Kata Kunci: ATMega32,data logger, kekeruhan air,nefelometrik.

How to Cite
RACHMANSYAH, Fajri; UTOMO, Satrio Budi; SUMARDI, Sumardi. PERANCANGAN DAN PENERAPAN ALAT UKUR KEKERUHAN AIR MENGGUNAKAN METODE NEFELOMETRIK PADA INSTALASI PENGOLAHAN AIR DENGAN MULTI MEDIA CARD (MMC) SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN (STUDI KASUS DI PDAM JEMBER). BERKALA SAINSTEK, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 17-21, oct. 2015. ISSN 2339-0069. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BST/article/view/1616>. Date accessed: 20 may 2024.
Section
General