Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Membeli Bawang Merah di Pedesaan: Sebuah Analisis Deskriptif
Abstract
Bawang merah merupakan salah satu kebutuhan utama bagi rumah tangga khususnya di Kabupaten Jember. Adanya perubahan harga yang sering terjadi menyebabkan perubahan terhadap keputusan konsumen dalam membeli bawang merah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keputusan konsumen dalam membeli bawang merah di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jumlah responden sebanyak 120 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukan bahwa keputusan konsumen dalam membeli bawang merah memperhatikan terkait dengan ukuran bawang, kebiasaan, dan harga. Informasi terkait pembelian bawang merah sebagian besar berasal dari penjual, teman dan diri sendiri. Informasi yang penting bagi konsumen meliputi kondisi fisik, dan harga bawang merah. Pembelian bawang merah biasanya dilakukan tergantung situasi konsumen dengan frekuensi pembelian 4 kali dalam sebulan. Keputusan pembelian sangat tergantung pada istri/ibu rumah tangga. Berdasarkan harga, bawang merah dianggap tidak terjangkau oleh konsumen karena sering mengalami kenaikan. Konsumen juga akan tetap membeli bawang jika harga naik karena merupakan kebutuhan utama. Selain itu, konsumen memilih tempat belanja yang dekat dengan tempat tinggal.
References
Adiyoga, W. (2016). Faktor-faktor yang Memengaruhi Perilaku dan Keputusan Konsumen untuk Membeli Kentang, Bawang Merah, dan Cabai Merah. Jurnal Hortikultura, 21(3), 280. https://doi.org/10.21082/jhort.v21n3.2011.p280-294
Alfiati, S. (2018). Analisi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Pangan Rumah Tangga. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 2(1), 1–13.
Alwaniya, A. (2019). Preferensi Konsumen Terhadap Bawang Merah Lokal Rubaru Di Pasar Banasare. Jurnal Pertanian Cemara, 16(1), 17–23. https://doi.org/10.24929/fp.v16i1.775
Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 79–83. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i2.3285
Belo, M. A. S., Apelabi, G. O., & Nong, F. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.) Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja Pada Kebun Praktek Fakultas Pertanian Universitas Nusa Nipa Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 416–426. https://doi.org/10.5281/zenodo.4732458
Geofanny, E. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Kopi (Studi Kasus: Bumi Kayom Langit Senja Coffee Salatiga). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(2), 441–454. https://doi.org/10.25157/jimag.v7i2.3485
Haneloy, M. L., Sipayung, B. P., Joka, U., & Bukifan, M. (2021). Preferences and Decision Making for Corn Farmers Using Subsidized Fertilizers in Biboki Anleu District, North Central Timor District (Case Study of Kotafoun Village) "Preferensi Dan Pengambilan Keputusan Petani Jagung Menggunakan Pupuk Bersubsidi Di Kecam. Prosiding Seminar Nasional Agribisnis 2021 Fakultas Pertanian Universitas Khairun, 6(4), 194–202. https://doi.org/10.32938/ag.v6i4.1497
Kustiari, R. (2017). Perilaku Harga dan Integrasi Pasar Bawang Merah di Indonesia. Jurnal Agro Ekonomi, 35(2), 77–87.
Magfiroh, I. S., Rahman, R. Y., Setyawati, I. K., & Zainuddin, A. (2017). Respon Harga Produsen terhadap Perubahan Harga Konsumen Bawang Merah di Indonesia. JSEP : Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 10(3), 7–15.
Mariyah, T., Roessali, W., & Ekowati, T. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Bawang Merah Pada Rumah Tangga Di Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 7(1), 77–88. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.8
Nusraningrum, D., Mekar, T. M., & Prasetyaningtyas, S. W. (2021). Persepsi Dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Fungsional Pada Generasi Milenial. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 23(1), 37–48. https://doi.org/10.34208/jba.v23i1.767
Rusae, Y., & Levis dan I Nyoman Sirma, L. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Membeli Bawang Merah Di Kecamatan Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal EXCELLENTIA, X(2), 209–211.
Wardhono, A., Nasir, M. A., Qori’ah, C. G., & Sari, K. I. (2022). Financial Literacy and Inclusion on Consumption in Indonesian Rural Communities. Economic Development Analysis, 3(1), 370–380.
Wongga, O., Rato, Y. Y. D., & Apelabi, G. O. (2021). Sikap Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Bawang Merah Organik di Kebun Praktek Fakultas Pertanian Universitas Nusa Nipa Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 391–402. https://doi.org/10.5281/zenodo.4733329
Yatiman. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Anggrek (Orchidaceae) Di Tempat Usaha Yusra Dan Windha-Wan Florist [Universitas Muhammadiyah Suamatera Utara]. In Repositori Universitas Sumatera Utara. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.304
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).