Aplikasi Nutrisi AB Mix pada Konsentrasi yang Berbeda dengan Sistem Hidroponik terhadap Pertumbuhan dan Produktivitas Dua Varietas Tanaman Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.)

  • Septian Kusuma Wardhana Universitas Jember
  • Subhan Arif Budiman Program studi ilmu tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui interaksi aplikasi nutrisi AB Mix dengan konsentrasi berbeda terhadap pertumbuhan dan hasil produksi bawang merah (Allium Ascalonicum L.) dengan sistem hidroponik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT) faktorial dalam bentuk Rancangan Acak Kelompok yang terdiri dari petak utama yaitu konsentrasi AB Mix (P) dan anak petak varietas bawang merah (V). Pemberian konsentrasi AB Mix terdiri dari beberapa taraf, yaitu kontrol 1500 ppm, P1 (1000 ppm), P2 (1300 ppm), P3 (1600 ppm), dan P4 (1900 ppm). Varietas bawang merah yang digunakan yaitu Varietas Sanren dan Thailand Nganjuk. Terdapat tiga ulangan dan setiap ulangan terdiri 10 sampel tanaman yang diambil tiap minggunya. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, panjang akar, jumlah daun, jumlah umbi, berat brangkasan, berat akar, berat basah tanaman, dan berat kering tanaman. Hasil pengamatan setiap variabel pengamatan kemudian akan dianalisis secara statistik dan dilanjutkan dengan uji lanjut Beda Nyata Jujur pada taraf 5%. Kombinasi antara perlakuan dengan dua varietas bawang merah memberikan pengaruh beda nyata terhadap semua variabel pengamatan, dengan perlakuan terbaik 1900 ppm pada berat kering. Varietas Thailand Nganjuk merupakan bawang merah terbaik pada hasil produksi, namun varietas Sanren memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap penyakit.

Published
2024-02-07
How to Cite
WARDHANA, Septian Kusuma; ARIF BUDIMAN, Subhan. Aplikasi Nutrisi AB Mix pada Konsentrasi yang Berbeda dengan Sistem Hidroponik terhadap Pertumbuhan dan Produktivitas Dua Varietas Tanaman Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.). Berkala Ilmiah Pertanian, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 21-30, feb. 2024. ISSN 2338-8331. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIP/article/view/42348>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bip.v7i1.42348.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.