PEMANFAATAN LIMBAH KULIT NANAS DAN ECENG GONDOK SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea reptans Poir.)

  • Hanifa Devi Rosita Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember
  • Arthur Frans Cesar Regar Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Abstract

Limbah kulit nanas adalah limbah yang dihasilkan dari sisa pembuangan produksi buah nanas. Limbah kulit nanas mengandung nitrogen total sebanyak 0,88%. Unsur nitrogen ini nantinya akan membantu merangsang pertumbuhan pada tanaman terutama pada pertumbuhan vegetatif seperti pada daun tanaman. Eceng gondok merupakan salah satu gulma yang hidup dipermukaan air dengan cara mengapung. Populasinya akan meningkat 3% per hari ketika musim hujan tiba. Eceng gondok dapat digunakan sebagai POC karena eceng gondok segar mengandung C organik 21,23%, bahan organik 36,59%, P total 0,0011%, N total 0,28%, dan K total 0,016%. POC kulit nanas kombinasi eceng gondok nantinya akan di aplikasikan pada tanaman kangkung darat. Pembuatan POC kulit nanas kombinasi eceng gondok dibedakan pada perbedaan bahan POC. Perbedaan bahan POC dibedakan menjadi tiga yaitu kulit nanas, eceng gondok, serta kombinasi kulit nanas dan eceng gondok yang kemudian akan di fermentasi selama 30 hari. Variabel pengamatan pada penelitian ini yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, panjang akar, berat basah (akar, tajuk dan total), dan berat kering (akar, tajuk dan total). Rancangan percobaan dilakukan dengan RAL dengan satu faktor yaitu perbedaan kombinasi bahan POC dengan 4 perlakuan dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 ulangan. Data hasil pengamatan selanjutnya akan dianalisis menggunakan Analisis Ragam Lanjutan, data hasil pengamatan dilakukan uji BNJ (Beda Nyata Jujur) pada taraf kepercayaan 95%. Penelitian POC ini diharapkan berpengaruh nyata terhadap respon pertumbuhan kangkung darat (Ipomea reptans Poir.). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian dari ketiga jenis pupuk organik cair yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kangkung darat yaitu pupuk organik cair dengan bahan kulit nanas dan eceng gondok.


Kata Kunci : Kangkung Darat, Pupuk Organik Cair, Kulit Nanas, Eceng Gondok

Published
2022-05-23
How to Cite
ROSITA, Hanifa Devi; REGAR, Arthur Frans Cesar. PEMANFAATAN LIMBAH KULIT NANAS DAN ECENG GONDOK SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea reptans Poir.). Berkala Ilmiah Pertanian, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 110-119, may 2022. ISSN 2338-8331. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIP/article/view/29055>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bip.v5i2.29055.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.