POTENSI BIJI MAHONI (Switenia mahogany (L). Jack) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI UNTUK PENGENDALIAN HAMA Spodoptera Exigua Hubner PADA TANAMAN BAWANG MERAH

  • Muhammad Najiruddin Alfaridzi Siahaan Universitas Jember
  • Mohammad Hoesain Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Abstract

Bawang merah merupakan salah satu komoditas unggulan nasonal selain cabe dan kentang, hal tersebut dikarenkan bawang merah memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan menjadi campuran bumbu masak yang wajib ada di dapur. Salah satu hama yang berpotesi untuk menjadi kendala produksi bawang merah ialah Spodoptera exigua Hubner. Insektisida nabati adalah pilihan yang tepat untuk pengendalian Organisme Penganggu Tanaman. Insektisida nabati menggunakan bahan-bahan dari tumbuhan yang memiliki khasiat racun bagi OPT, salah satu diantaranya adalah biji mahoni.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian insektisida biji mahoni terhadap  mortalitas dan aktivitas S. exigua pada tanaman bawang merah dan untuk mengetahui konsentrasi yang tepat pemberian insektisida nabati biji mahoni untuk mengendalikan  S. exigua pada tanaman bawang merah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan diantaranya P0: kontrol, P1: 39 ml ekstrak/100 ml aquades, P2: 52 ml ekstrak/100 ml aquades, P3: 65 ml ekstrak/100 ml aquades dan P4: 78 ml ekstrak/100 ml aquades. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis of varians (ANOVA), apabila hasil menunjukkan pengaruh nyata maka akan dilakukan uji BNT pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan; (1) pemberian insektisida nabati biji mahoni berpengaruh terhadap mortalitas dan kerusakan daun pada tanaman bawang merah; (2) pemberian insektisida nabati biji mahoni  dengan konsentrasi 78 ml ekstrak/100 ml aquades merupakan perlakuan terbaik dibandingkan dengan perlakuan lainnya.

Published
2022-05-23
How to Cite
SIAHAAN, Muhammad Najiruddin Alfaridzi; HOESAIN, Mohammad. POTENSI BIJI MAHONI (Switenia mahogany (L). Jack) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI UNTUK PENGENDALIAN HAMA Spodoptera Exigua Hubner PADA TANAMAN BAWANG MERAH. Berkala Ilmiah Pertanian, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 83-87, may 2022. ISSN 2338-8331. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIP/article/view/28958>. Date accessed: 07 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bip.v5i2.28958.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.