Pengaruh Aplikasi Dosis Pupuk Majemuk dan Mikronutrien Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica Rappa L.) Dengan Sistem Budidaya Hidroponik

Effect of Compound and Mikronutrien Fertilizer Dosage Application on Pakcoy Plant Growth and Yield (Brassica Rappa L.) Using Hydroponic System

  • Sandhy Putra Asmawan Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember
  • Sri Hartatik Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Abstract

Tanaman Sawi sendok atau lebih dikenal sebagai Pakcoy (Brassica rapa L.)  merupakan sayuran yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Batang dan daunnya yang lebih lebar dari sawi hijau biasa, membuat sawi jenis ini lebih sering digunakan masyarakat dalam berbagai menu masakan. Besarnya pemanfaatan pakcoy menyebabkan kebutuhan akan pakcoy mengalami peningkatan. Namun, penigkatan permintaan pakcoy tidak diimbangi oleh perluasan lahan pertanian. Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan luas panen adalah pertumbuhan penduduk yang semakin pesat sehingga banyak terjadi alih fungsi lahan, yang mana lahan pertanian kini beralih fungsi menjadi daerah perumahan dan juga daerah industri. Oleh karena itu diperlukan peningkatan produksi lebih lanjut dan salah satu metode yang dapat dilakukan adalah melakukan budidaya secara hidroponik.  Percobaan dilaksanakan pada bulan Juni sampai Juli 2021 di Kecamatan Turen, Malang. Percobaan menggunakan rancangan percobaan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial dengan 2 faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi pupuk NPK terdiri dari 3 taraf yaitu P1 (553 ppm), P2 (758 ppm), P3 (987 ppm). Faktor kedua adalah konsentrasi pupuk micronutrient terdiri dari 3 taraf yaitu M0 (Tanpa Pemupukan Growmore Solube Mix), M1 (Pemupukan Growmore Solube Mix 50 ppm), M2 (Pemupukan Growmore Solube Mix 100 ppm). Hasil percobaan dianalisis menggunakan analisis ragam dan apabila terdapat perbedaan yang signifikan maka dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan dengan taraf kepercayaan 95 persen.  Berdasarkan hasil penelitian terdapat interaksi antara Pemberian Pupuk NPK dan Pupuk Growmore Solube Micromix terhadap tinggi tanaman dan berat basah tajuk tanaman. Pemberian pupuk NPK dengan konsentrasi 553 ppm memberikan respon terbaik pada pertumbuhan dan hasil tanaman meliputi ; tinggi tanaman, berat basah tajuk tanaman dan berat kering oven tajuk tanaman. Perlakuan faktor tunggal pemberian pupuk Growmore Solube Micromix menunjukkan adanya pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan berat basah tajuk tanaman. Pemberian pupuk NPK dan Pupuk growmore Solube Micromix memberikan respon yang baik pada tinggi tanaman dan berat basah tanaman.

Published
2022-05-23
How to Cite
ASMAWAN, Sandhy Putra; HARTATIK, Sri. Pengaruh Aplikasi Dosis Pupuk Majemuk dan Mikronutrien Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica Rappa L.) Dengan Sistem Budidaya Hidroponik. Berkala Ilmiah Pertanian, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 70-75, may 2022. ISSN 2338-8331. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIP/article/view/28863>. Date accessed: 07 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bip.v5i2.28863.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.