Inventarisasi Keragaman Cadangan Biji Gulma Pada Lahan Kopi Rakyat di Kecamatan Silo Kabupaten Jember

  • Misbahul Hasan Zainudin Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember
  • Syaifuddin Hasjim Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memagang peranan penting di Indonesia. Inventarisasi Keragaman Cadangan Biji Gulma Pada Lahan kopi Rakyat merupakan langkah menentukan keberhasilan pengendalian gulma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman cadangan biji gulma pada lahan kopi rakyat di kecamatan silo kabupaten jember. Analisis menggunkan analisis data secara kuantitatif dan deskriptif. Variable pengamatan yang diamati meliputi kerapatan biji gulma yang viabel (m2), indeks nilai penting jenis biji gulma yang viabel, indeks keanekaragaman Shannon-Wiener, dan indeks kesamaan Sorensen. Gulma yang berhasil di indentifikasi meliputi: Crotalaria retusa, Mecordonia procumbens, Amarantus spinosus, Cleome rutidospermae, Acalypha indica, Triantema portulacastrum, Cyatula prostrata, Ludwigia prostrata, Borreria alata, Phylantus urinariai, Synendrella nodiflora, Oldenlandia corymbose, Panicum dichotomiflorum. dan Cyperus rotundus. Cadangan biji gulma berdaun lebar memiliki total nilai penting dan tingkat kerapatan tertinggi pada setiap interval kedalaman. Nilai indeks keragaman antara pada kedalaman 0-10 cm, 11-20 cm dan 21-30 cm secara berurutan adalah 1.6334, 1.9671 dan 2.1724. Angka tersebut menunjukkan bahwa tingkat keanekaragaman jenis di setiap tingkat kedalaman tergolong kedalam kategori sedang. Indeks kesamaan jenis antara setiap kedalaman sampel bernilai > 61% dan < 91% yang menunjukkan keragaman jenis cadangan biji gulma pada setiap kedalaman memiliki tingkat kesamaan yang tinggi.

Published
2022-02-26
How to Cite
ZAINUDIN, Misbahul Hasan; HASJIM, Syaifuddin. Inventarisasi Keragaman Cadangan Biji Gulma Pada Lahan Kopi Rakyat di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Berkala Ilmiah Pertanian, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 11-15, feb. 2022. ISSN 2338-8331. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIP/article/view/28801>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bip.v5i1.28801.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.