STUDI BIOLOGI PREDATOR KEPIK PEMBUNUH Rhinocoris fuscipes F. (Hemiptera : Reduviidae) PADA PEMELIHARAAN DENGAN PAKAN Artemia salina L.

  • FERI FADLI Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember
  • Hari Purnomo Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Abstract

Kepik pembunuh Rhinocoris fuscipes Fab. merupakan serangga predator yang mampu membunuh beberapa hama tanaman seperti : Spodoptera litura. A. salina dan C. cephalonica sebagai mangsa pengganti yang digunakan untuk perbanyakan massal predator R. fuscipes. Penggunaan telur A. salina sebagai pakan buatan predator serangga tertentu memiliki alasan karena ekonomis dan sangat mudah diperoleh, selain itu kandungan nutrisi yang dimiliki telur A. salina sangat baik dan sesuai dengan pakan asli sabagai pakan rearing predator. telur C. cephalonica memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Tahap percobaan yaitu tahap perkembangbiakan predator R. fuscipes. Pada penelitian ini terdapat 3 perlakuan dengan 30 ulangan sehingga terdapat 30 kotak  percobaan. Setiap kotak percobaan terdiri dari 30 predator dengan perlakuan jenis pakan A. salina, Larva A. salina dan C. cephalonica sehingga total predator yang diberi perlakuan 90. Pengamatan ini dilakukan mulai dari fase telur sampai imago. Adapun parameter yang akan diukur pada penelitian ini adalah siklus hidup predator R. fuscipes dan pengamatan morfometri (Scion image). Perlakuan pakan dengan menggunakan telur dan larva A. salina hanya sampai instar ke II, sedangkan perlakuan pakan dengan menggunakan telur C. cephalonica dari 30 larva instar III rata-rata memiliki stadium berkisar 10,70 ± 0,94 hari, rata-rata lebar tubuh berkisar 1,42 ± 0,25 mm dan rata-rata panjang tubuh berkisar 3,70 ± 1,28 mm. Pada pengamatan stadium larva instar ke III perlakuan pakan dengan menggunakan telur C. cephalonica terlihat lebih rendah dibandingkan dengan stadium sebelumnya. Sedangkan pada pengamatan lebar dan panjang tubuh terlihat mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan instar sebelumnya. Pemeliharaan R. fuscipes dengan pakan C. cephalonica lebih baik dan mempunyai potensi kadar protein yang cukup tinggi. Sehingga dapat mempengaruhi stadia  R. fuscipes ini lebih lama mulai dari instar 1 sampai dengan instar 3.

Published
2022-08-29
How to Cite
FADLI, FERI; PURNOMO, Hari. STUDI BIOLOGI PREDATOR KEPIK PEMBUNUH Rhinocoris fuscipes F. (Hemiptera : Reduviidae) PADA PEMELIHARAAN DENGAN PAKAN Artemia salina L.. Berkala Ilmiah Pertanian, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 178-182, aug. 2022. ISSN 2338-8331. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIP/article/view/16129>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bip.v5i3.16129.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.