FENOMENOLOGIS PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN PEMERINTAH DAERAH

  • Askam Tuasikal

Abstract

Tujuan studi ini adalah menguji proses perencanaan dan penagggaran pemerintah daerah. Penelitian dilakukan di Kabupaten Maluku Tengah provinsi Maluku dengan fokus pengamatan pada aktivitas personel yang bertanggungjawab dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah. Kontribusi yang diharapkan dari pnelitian ini adalah pertama, memperkaya kepustakaan ilmu akuntansi, khusunya akuntansi sektor publik, dan keuangan daerah, kedua, sebagai bahan pertimbangan pemerintah daerah kabupaten Maluku Tengah dalam proses perencanaan dan penganggaran pembangunan.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan pembangunan dan penganggaran daerah di kabupaten Maluku Tengah masih lemah, hal ini disebabkan oleh masih lemahnya pengetahuan dan pemahaman aparatur perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah dalam memaknai indikator perencanaan dan penganggaran, serta ketidak sesuaian latarbelakang pendidikan dengan pekerjaan teknis yang ditempati.
Temuan lainnya menunjukkan masih rendahnya komitmen dan loyalitas aparatur perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah dalam mewujudkan muatan-muatan pembangunan yang tercermin dalam dokumen pembangunan daerah, misalnya RPJMD, Renja, dan RKPD. Untuk penelitian mendatang disarankan memperluas objek pengamatan dengan mempertimbangkan variabel lain yang belum dikaji dalam penelitian ini, misalnya melakukan perbandingan antara beberapa pemerintah daerah dengan periode pengamatan yang lebih lama.

Kata Kunci: Perencanaan, Penganggaran, Pemerintah Daerah
Published
2015-03-31
How to Cite
TUASIKAL, Askam. FENOMENOLOGIS PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN PEMERINTAH DAERAH. JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 78-91, mar. 2015. ISSN 2460-0377. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JAUJ/article/view/1266>. Date accessed: 16 june 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jauj.v11i2.1266.
Section
Articles