EFEKTIVITAS METODE ALGEBRAIC RECONSTRUCTION TECHNIQUE UNTUK SISTEM KOORDINAT POLAR DAN RECTANGULAR PADA TOMOGRAFI KAPASITANSI

  • Farah Wahidiyah
  • Endah Purwandari
  • Yuda Cahyoargo Hariadi
  • Warsito P Taruno

Abstract

Tomografi kapasitansi merupakan salah satu teknologi tomografi yang banyak dikembangkan dalam dunia industri, khususnya untuk keperluan kontrol pipa minyak, pencampuran dua zat kimia, maupun pemrosesan hidrokarbon. Tomografi kapasitansi memiliki kecepatan scanning yang sangat tinggi, sehingga jumlah proyeksi atau pengukuran untuk keperluan rekonstruksi citra akan sangat terbatas. Oleh sebab itu metode ART dapat menjadi pilihan untuk perbaikan kualitas citra hasil rekonstruksi. Namun demikian, kesesuaian metode ini dengan geometri obyek yang akan dicitrakan perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil rekonstruksi maksimal. Dalam penelitian ini kegiatan pengambilan data tomografi dilakukan dengan simulasi COMSOL Multiphysics dan proses rekonstruksi menggunakan bahasa pemrograman MATLAB. Dengan melihat kualitas citra dan nilai korelasi citra yang dihasilkan, sistem koordinat polar memberikan hasil yang lebih baik dari pada sistem koordinat rectangular untuk proses rekonstruksi menggunakan metode ART. Nilai korelasi citra yang dihasilkan pada iterasi 100 ialah sebesar 0,266 untuk sistem koordinat polar dan 0,208 untuk sistem koordinat rectangular.

Published
2013-02-27
How to Cite
WAHIDIYAH, Farah et al. EFEKTIVITAS METODE ALGEBRAIC RECONSTRUCTION TECHNIQUE UNTUK SISTEM KOORDINAT POLAR DAN RECTANGULAR PADA TOMOGRAFI KAPASITANSI. BERKALA SAINSTEK, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-3, feb. 2013. ISSN 2339-0069. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BST/article/view/344>. Date accessed: 27 sep. 2020.
Section
General