UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KONKRIT PADA SISWA KELAS 1A SDN DARUNGAN 01 KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER

  • M Marliyah FKIP UNEJ

Abstract

Marliyah [1]

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penggunaan alat peraga konkrit pada siswa kelas IA SD Negeri Darungan 01 semester II tahun pelajaran 2009/2010. Subyek dalam penelitian adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penggunaan alat peraga konkrit pada siswa kelas IA SD Negeri Darungan 01  semester II tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 40 siswa yaitu 23 laki-laki dan 17 perempuan. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan pengamatan dan diskusi dengan teman sejawat diperoleh hasil nilai yang diperoleh siswa dari 40 siswa ada 4 siswa (10%) yang memperoleh nilai antara 0-50, 6 siswa (15%) mendapat nilai antara 51-60, 13 siswa (32,5%) mendapat nilai antara 61-70, dan 17 siswa (43,5%) mendapat nilai diatas 70. Menindak lanjuti temuan hasil penelitian pada siklus II peneliti dan teman sejawat melakukan diskusi dan diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran pada siklus II sudah menunjukkan kemajuan dimana ada ada 2 siswa (5%) yang mendapat nilai ulangan harian dibawah 70, dan ada 38 siswa (95%) yang mendapat nilai ulangan harian diatas 70.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Alat Peraga Konkrit


Author Biography

M Marliyah, FKIP UNEJ

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KONKRIT PADA SISWA KELAS 1A SDN DARUNGAN 01 KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER

 

Marliyah [1]

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penggunaan alat peraga konkrit pada siswa kelas IA SD Negeri Darungan 01 semester II tahun pelajaran 2009/2010. Subyek dalam penelitian adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penggunaan alat peraga konkrit pada siswa kelas IA SD Negeri Darungan 01  semester II tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 40 siswa yaitu 23 laki-laki dan 17 perempuan. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan pengamatan dan diskusi dengan teman sejawat diperoleh hasil nilai yang diperoleh siswa dari 40 siswa ada 4 siswa (10%) yang memperoleh nilai antara 0-50, 6 siswa (15%) mendapat nilai antara 51-60, 13 siswa (32,5%) mendapat nilai antara 61-70, dan 17 siswa (43,5%) mendapat nilai diatas 70. Menindak lanjuti temuan hasil penelitian pada siklus II peneliti dan teman sejawat melakukan diskusi dan diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran pada siklus II sudah menunjukkan kemajuan dimana ada ada 2 siswa (5%) yang mendapat nilai ulangan harian dibawah 70, dan ada 38 siswa (95%) yang mendapat nilai ulangan harian diatas 70.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Alat Peraga Konkrit


[1] Guru Kelas IA SDN Darungan 01 Kec. Tanggul

Published
2014-11-01
How to Cite
MARLIYAH, M. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KONKRIT PADA SISWA KELAS 1A SDN DARUNGAN 01 KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 153-162, nov. 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/997>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles