MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISTEM TATA SURYA MELALUI INKUIRI ILMIAH SISWA KELAS VI SDN DARUNGAN 04 TANGGUL JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Abstrak. Inkuiri ilmiah merupakan strategi pembelajaran untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Rendahnya gairah belajar disebabkan oleh ketidaktepatan metodologi pembelajaran, serta berakar pada paradigma pendidikan konvensional yang selalu menggunakan metode pengajaran klasikal dan ceramah sebagai metode mengajar andalan, tanpa pernah diselingi berbagai metode yang menantang untuk berusaha, menumbuhkan kegairahan kerja, dapat dinikmati, dihayati oleh peserta didik. Oleh karena itu, pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan ketrampilan proses dan sikap ilmiah (KTSP DEPDIKNAS, 2006:109). Berpijak pada latar belakang tersebut di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah secara inkuiri ilmiah dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mata pelajaran IPA materi “sistem tata surya” siswa Kelas VI SDN Darungan 04, Tanggul, Jember semester gasal tahun 2010/2011? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini model yang digunakan yaitu model spiral Kemmis dan Mc.Taggart bahwa dalam suatu penelitian itu dimulai dengan rencana, tindakan, pengamatan, refleksi, perencanaan kembali merupakan dasar untuk suatu ancang-ancang pemecahan permasalahan. Hasil dari penelitian Pada siklus I siswa mendapat nilai dibawah 65 sebanyak 50%, siswa yang mendapat nilai antara 65-75 sebanyak prosentase 40%. Pada siklus II menunjukkan peningkatan siswa yang mendapat 65-75 sebanyak 50% siswa mendapat nilai antara 76-100 sebanyak 25%. Pada siklus III siswa yang mendapat nilai 76-100. ketuntasan mencapai 100%.
Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil belajar, IPA, Inquiri