PENERAPAN PAKEM DENGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I SEMESTER 1 SDN TANGGUL KULON 01 TAHUN PELAJARAN 2009/2010

  • Tutik Yuliarni FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang memberikan motivasi serta penggunaan media pembelajaran masih terbatas sehingga pada saat pembelajaran yang berlangsung siswa kurang aktif sehingga hasil belajar siswa rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dengan media interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas I SDN Tanggul Kulon 01 dalam pembelajaran matematika Tahun Pelajaran 2009/2010?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan PAKEM dengan media interaktif pada siswa kelas I SDN Tanggul Kulon 01. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SDN Tanggul Kulon 01. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peningkatan  keterampilan  guru  sebesar 20,4% dari 62.5% pada siklus I dengan kategori baik menjadi 84.4% pada siklus II dengan kategori sangat baik, sedangkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 16,6 dari 54.34% dengan kategori baik pada siklus I menjadi 77% pada siklus II dengan kategori baik. Ketuntasan siswa meningkat dari 58.33% pada akhir siklus I menjadi 88.89% pada akhir siklus II. Data tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 85%.

Kata Kunci: Pendekatan Pakem, Media Interaktif, Pembelajaran Matematika

 


Author Biography

Tutik Yuliarni, FKIP UNEJ

PENERAPAN PAKEM DENGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I SEMESTER 1 SDN TANGGUL KULON 01 TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tutik Yuliarni[1]

Abstrak. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang memberikan motivasi serta penggunaan media pembelajaran masih terbatas sehingga pada saat pembelajaran yang berlangsung siswa kurang aktif sehingga hasil belajar siswa rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dengan media interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas I SDN Tanggul Kulon 01 dalam pembelajaran matematika Tahun Pelajaran 2009/2010?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan PAKEM dengan media interaktif pada siswa kelas I SDN Tanggul Kulon 01. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SDN Tanggul Kulon 01. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peningkatan  keterampilan  guru  sebesar 20,4% dari 62.5% pada siklus I dengan kategori baik menjadi 84.4% pada siklus II dengan kategori sangat baik, sedangkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 16,6 dari 54.34% dengan kategori baik pada siklus I menjadi 77% pada siklus II dengan kategori baik. Ketuntasan siswa meningkat dari 58.33% pada akhir siklus I menjadi 88.89% pada akhir siklus II. Data tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 85%.

Kata Kunci: Pendekatan Pakem, Media Interaktif, Pembelajaran Matematika

 


[1] Guru SDN Tanggul Kulon 01 Tanggul Jember

Published
2014-11-01
How to Cite
YULIARNI, Tutik. PENERAPAN PAKEM DENGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I SEMESTER 1 SDN TANGGUL KULON 01 TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 47-58, nov. 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/984>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles