PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN EVOLUSI DI KELAS XII IPA3 SMA NEGERI 2 JEMBER

  • Eko Soelistiyanto FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Keefektifan proses pembelajaran dapat ditingkatkan apabila guru dapat memilih model pembelajaran yang tepat  sehingga peserta didik dapat termotivasi untuk belajar, dengan demikian dapat meningkatkan hasil belajarnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa adalah pembelajaran kooperatif model Cooperative Script. Cooperative Script menuntut siswa untuk beraktivitas sendiri, aktif, kreatif, efektik dan menyenangkan artinya, siswa menemukan sendiri suatu konsep atau mampu memecahkan masalah sendiri, sehingga meningkatkan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil ulangan harian  pada kelas XII IPA 3, terdapat 12 siswa memperoleh dibawah KKM sehingga dilakukan remedial secara klasikal. Keadaan ini menjadikan hambatan dalam pembelajaran biologi hal ini disebabkan metode kurang menarik, kurang menantang dan tidak menyenangkan, siswa cenderung menghafal materi dan kurang memahami materi yang diajarkan. Penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan cara berpasangan dan diberi LKS, Siswa merasa senang dan tertarik belajar dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script karena siswa dapat dengan mudah untuk saling bekerjasama dalam mengerjakan LKS dan memahami materi. Adanya pemberian nilai pada pengerjaan LKS membuat siswa saling berkompetisi untuk keberhasilan dirinya dan pasangannya. Dari hasil belajar pada siklus I diketahui  nilai tes tulis menunjukkan nilai rata-rata 77, 38 dan siswa yang tuntas sebanyak 35 siswa dan yang belum tuntas 7 siswa. Sedangkan observasi strategi pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata 78,27%. Dari hasil belajar pada siklus II diketahui  nilai tes tulis menunjukkan nilai rata-rata 83,57 dan siswa yang tuntas sebanyak 40 siswa dan yang belum tuntas 1 siswa. Sedangkan observasi strategi pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata 84,82%. Terjadi peningkatan nilai hasil tes rata-rata sebesar 6,19% pada siklus II, sedangkan prosentase secara klasikal meningkat sebesar 14,3%. Demikian juga pada rata-rata observasi strategi pembelajaran terjadi peningkatan nilai sebesar 6,55%. Sehingga secara klasikal siswa kelas XII IPA3 sudah dikatakan tuntas dalam belajar

Kata Kunci: Cooperative Script, hasil belajar meningkat, SMAN 2 Jember

Author Biography

Eko Soelistiyanto, FKIP UNEJ

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN EVOLUSI DI KELAS XII IPA3 SMA NEGERI 2 JEMBER

Eko Soelistiyanto[1]

Abstrak. Keefektifan proses pembelajaran dapat ditingkatkan apabila guru dapat memilih model pembelajaran yang tepat  sehingga peserta didik dapat termotivasi untuk belajar, dengan demikian dapat meningkatkan hasil belajarnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa adalah pembelajaran kooperatif model Cooperative Script. Cooperative Script menuntut siswa untuk beraktivitas sendiri, aktif, kreatif, efektik dan menyenangkan artinya, siswa menemukan sendiri suatu konsep atau mampu memecahkan masalah sendiri, sehingga meningkatkan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil ulangan harian  pada kelas XII IPA 3, terdapat 12 siswa memperoleh dibawah KKM sehingga dilakukan remedial secara klasikal. Keadaan ini menjadikan hambatan dalam pembelajaran biologi hal ini disebabkan metode kurang menarik, kurang menantang dan tidak menyenangkan, siswa cenderung menghafal materi dan kurang memahami materi yang diajarkan. Penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan cara berpasangan dan diberi LKS, Siswa merasa senang dan tertarik belajar dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script karena siswa dapat dengan mudah untuk saling bekerjasama dalam mengerjakan LKS dan memahami materi. Adanya pemberian nilai pada pengerjaan LKS membuat siswa saling berkompetisi untuk keberhasilan dirinya dan pasangannya. Dari hasil belajar pada siklus I diketahui  nilai tes tulis menunjukkan nilai rata-rata 77, 38 dan siswa yang tuntas sebanyak 35 siswa dan yang belum tuntas 7 siswa. Sedangkan observasi strategi pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata 78,27%. Dari hasil belajar pada siklus II diketahui  nilai tes tulis menunjukkan nilai rata-rata 83,57 dan siswa yang tuntas sebanyak 40 siswa dan yang belum tuntas 1 siswa. Sedangkan observasi strategi pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata 84,82%. Terjadi peningkatan nilai hasil tes rata-rata sebesar 6,19% pada siklus II, sedangkan prosentase secara klasikal meningkat sebesar 14,3%. Demikian juga pada rata-rata observasi strategi pembelajaran terjadi peningkatan nilai sebesar 6,55%. Sehingga secara klasikal siswa kelas XII IPA3 sudah dikatakan tuntas dalam belajar

Kata Kunci: Cooperative Script, hasil belajar meningkat, SMAN 2 Jember

 


[1] Guru IPA SMAN 2 Jember

Published
2014-11-01
How to Cite
SOELISTIYANTO, Eko. PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN EVOLUSI DI KELAS XII IPA3 SMA NEGERI 2 JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 37-46, nov. 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/983>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles