MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI BOLA VOLI MINI SISWA KELAS IV SDN KLATAKAN 02 KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

  • Jati Waluyaningsih FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Pada hakekatnya, pembelajaran pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan di sekolah umumnya disampaikan dalam bentuk permainan dan olah raga. Pembelajaran seringkali tidak sesuai karakteristik anak, sehingga kreativitas kesenangan anak tidak terfikirkan. Hal tersebut membuat pembelajaran yang kurang maksimal sehingga hasil pembelajarannya juga kurang maksimal. Modifikasi merupakan salah satu usaha yang harus dilakukan oleh para guru agar pembelajaran mencerminkan DAP. Untuk itu DAP yang didalamnya memperhatikan ukuran tubuh siswa harus selalu menjadi prinsip utama dalam memodifikasi pembelajaran pendidikan olah raga dan kesehatan. Inti dari modifikasi adalah menganalisa dan mengembangkan materi pelajaran dengan cara meruntunkannya  dalam  bentuk  aktivitas  belajar  potensial  yang  dapat memperlancar siswa dalam belajarnya. (Suherman,2000: 1). Pengembangan pembelajaran permainan bola voli pada pendidikan jasmani melalui modifikasi sangatlah tepat dilakukan, karena selain variasi mengajarnya banyak, penyesuaian terhadap kemampuan anak sehingga mereka tidaklah terlalu bosan mengikuti pembelajaran, termotivasi dan bergairah untuk bergerak, dan oleh sebab itu pembelajaran permainan bola voli perlu dilakukan modifikasi dan juga perubahan dalam strategi pembelajaran. Meningkatkan permainan bola voli dengan menggunakan ukuran net 180 Cm dan juga menggunakan bola plastik serta ukuran lapangan yang dibuat lebih kecil bisa mempermudah pembelajaran dan menjadi solusi pembelajaran yang lebih bergairah pada siswa.

Kata Kunci : pendidikan jasmani, bola voli, modifikasi bola voli mini.

 

 

 

Author Biography

Jati Waluyaningsih, FKIP UNEJ

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI BOLA VOLI MINI SISWA KELAS IV SDN KLATAKAN 02 KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

 

Jati Waluyaningsih[1]

 

Abstrak. Pada hakekatnya, pembelajaran pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan di sekolah umumnya disampaikan dalam bentuk permainan dan olah raga. Pembelajaran seringkali tidak sesuai karakteristik anak, sehingga kreativitas kesenangan anak tidak terfikirkan. Hal tersebut membuat pembelajaran yang kurang maksimal sehingga hasil pembelajarannya juga kurang maksimal. Modifikasi merupakan salah satu usaha yang harus dilakukan oleh para guru agar pembelajaran mencerminkan DAP. Untuk itu DAP yang didalamnya memperhatikan ukuran tubuh siswa harus selalu menjadi prinsip utama dalam memodifikasi pembelajaran pendidikan olah raga dan kesehatan. Inti dari modifikasi adalah menganalisa dan mengembangkan materi pelajaran dengan cara meruntunkannya  dalam  bentuk  aktivitas  belajar  potensial  yang  dapat memperlancar siswa dalam belajarnya. (Suherman,2000: 1). Pengembangan pembelajaran permainan bola voli pada pendidikan jasmani melalui modifikasi sangatlah tepat dilakukan, karena selain variasi mengajarnya banyak, penyesuaian terhadap kemampuan anak sehingga mereka tidaklah terlalu bosan mengikuti pembelajaran, termotivasi dan bergairah untuk bergerak, dan oleh sebab itu pembelajaran permainan bola voli perlu dilakukan modifikasi dan juga perubahan dalam strategi pembelajaran. Meningkatkan permainan bola voli dengan menggunakan ukuran net 180 Cm dan juga menggunakan bola plastik serta ukuran lapangan yang dibuat lebih kecil bisa mempermudah pembelajaran dan menjadi solusi pembelajaran yang lebih bergairah pada siswa.

Kata Kunci : pendidikan jasmani, bola voli, modifikasi bola voli mini.

 

 

 


[1] Guru Penjas Kelas 1A-6A Sekolah Dasar Negeri Klatakan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember

Published
2014-11-01
How to Cite
WALUYANINGSIH, Jati. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI BOLA VOLI MINI SISWA KELAS IV SDN KLATAKAN 02 KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 25-36, nov. 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/982>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles