PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
Abstract
Abstrak. Pembelajaran membaca pada program studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) memiliki peran yang penting. Keterampilan membaca dapat menunjang prosfesi mahasiswa sebagai calon pengajar, membantu mahasiswa untuk maju, dan menjadikan dirinya pribadi yang berkualitas. Salah satu upaya untuk merealisasikan tujuan itu adalah dengan mempelajari, memilih, menentukan, dan mengembangkan secara tepat perangkat pembelajaran untuk memberikan layanan belajar kepada mahasiswa. Masalah utama penelitian ini adalah “Bagaimanakah menyusun perangkat pembelajaran keterampilan membaca model Pembelajaran Kontekstual”. Kegiatan penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Keterampilan Membaca yang dikemas dalam bentuk modul yang dikembangkan berdasarkan Pembelajaran Kontekstual. Manfaat hasil penelitian adalah hasil belajar mahasiswa lebih bermakna dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, dan mempunyai dampak dapat meningkatkan efektivitas perkuliahan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah model Borg dan Gall. Data yang dibutuhkan penelitian ini adalah data hasil tanggapan/penilaian dari tim ahli dan dosen, data hasil tanggapan/penilaian dari mahasiswa, data hasil tes uji kompetensi keterampilan membaca, dan data analisis hasil uji efektivitas dampak penggunaan perangkat pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan tes. Data hasil penilaian/tanggapan dari uji kelompok ahli, kelompok kecil, dan kelompok uji lapangan dianilisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Data tentang hasil tes uji kompetensi membaca mahasiswa terhadap peningkatan prestasi belajar dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi. Data tentang analisis hasil dampak pengembangan perangkat pembelajaran keterampilan membaca terhadap efektivitas pelaksanaan pembelajaran dianalisis dengan menggunakan teknik analisis nonparametris. Berdasarkan analisis data hasil tanggapan/penilaian dari tim ahli, kelompok dosen dan mahasiswa, perangkat pembelajaran keterampilan membaca yang dikembangkan, Pembelajaran Kontekstual dinilai layak untuk sumber belajar pada matakuliah Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Berdasarkan analisis data hasil tes uji kompetensi keterampilan membaca, tiap unit modul keterampilan membaca dinilai dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan analisis data tentang dampak pengembangan perangkat pembelajaran keterampilan membaca terhadap efektivitas perkuliahan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat membuat proses perkuliahan berjalan lebih efektif. Atas dasar hasil penelitian yang ditemukan disarankan pengguna perangkat pembelajaran hasil penelitian ini berlaku dikalangan mahasiswa keguruaan dan dosen keguruaan. Apabila pihak lain akan memanfaatkannya diharapkan pembaca membaca isi bagian yang dinilai relevan dengan kebutuhan.
Kata Kunci: membaca, model belajar kontekstual