PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MENJUMLAHKAN SATUAN WAKTU DENGAN MENGGUNAKAN BASIS ENAM DAN SEPULUH PADA SISWA KELAS 5 SDN TANGGUL WETAN 05 JEMBER

  • S Supatmi FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak.Matematika merupakan inti dari ilmu pengetahuan. Oleh karena itu matematika perlu diterapkan sejak dini pada anak. Maka dari itusebelum mengadakan penelitian, dalam menjumlahkan satuan jam, menit, dan detik di kelas 5 SDN Tanggul Wetan 05 menggunakan teknik kesetaraan jam, menit dan detik. Ternyata setelah teknik ini dilaksanakan di kelas 5 hasil belajar yang dicapai siswa selalu tidak memuaskan dengan hasil  rata-rata evaluasi hanya mencapai 57, dan sebagian siswa benar-benar mengalami kesulitan dengan perolehan nilai jauh di bawah nilai KKM matematika yang telah ditetapkan yaitu 65. Masalah lain yang timbul yaitu lamanya waktu untuk menyelesaikan.Untuk itu diadakan Penelitian  yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Menjumlahkan Satuan Waktu dengan Menggunakan Basis Enam dan Sepuluh pada Siswa Kelas 5 SDN Tanggul Wetan 05 kecamatan TanggulJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan danRefleksi. Sebagai Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Tanggul Wetan 05 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh aktifitas siswa yang mengalami peningkatan di setiap siklusnya yaitu siswa aktif bertanya meningkat 25%, ketepatan dalam menggunakan basis enam dan sepuluh meningkat 20,2%, dan ketelitian meningkat 23,75%. Sedangkan hasil belajar adalah adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar Matematika yang diperoleh siswa dari sebelumnya. Pada sikltus I prosentase ketuntasan siswa 66,67% kemudian pada siklus kedua menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan basis enam dan sepuluh dapat meningkatkan keterampilan menjumlahkan satuan waktu pada siswa kelas 5 SDN Tanggul Wetan 05 Jember.

 

Kata Kunci :Peningkatan, Hasil Belajar, Basis Enam dan Sepuluh

Author Biography

S Supatmi, FKIP UNEJ

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MENJUMLAHKAN SATUAN WAKTU DENGAN MENGGUNAKAN BASIS ENAM DAN SEPULUH

PADA SISWA KELAS 5  SDN TANGGUL WETAN 05 JEMBER

 

Supatmi[1]

 

Abstrak.Matematika merupakan inti dari ilmu pengetahuan. Oleh karena itu matematika perlu diterapkan sejak dini pada anak. Maka dari itusebelum mengadakan penelitian, dalam menjumlahkan satuan jam, menit, dan detik di kelas 5 SDN Tanggul Wetan 05 menggunakan teknik kesetaraan jam, menit dan detik. Ternyata setelah teknik ini dilaksanakan di kelas 5 hasil belajar yang dicapai siswa selalu tidak memuaskan dengan hasil  rata-rata evaluasi hanya mencapai 57, dan sebagian siswa benar-benar mengalami kesulitan dengan perolehan nilai jauh di bawah nilai KKM matematika yang telah ditetapkan yaitu 65. Masalah lain yang timbul yaitu lamanya waktu untuk menyelesaikan.Untuk itu diadakan Penelitian  yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Menjumlahkan Satuan Waktu dengan Menggunakan Basis Enam dan Sepuluh pada Siswa Kelas 5 SDN Tanggul Wetan 05 kecamatan TanggulJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan danRefleksi. Sebagai Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Tanggul Wetan 05 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh aktifitas siswa yang mengalami peningkatan di setiap siklusnya yaitu siswa aktif bertanya meningkat 25%, ketepatan dalam menggunakan basis enam dan sepuluh meningkat 20,2%, dan ketelitian meningkat 23,75%. Sedangkan hasil belajar adalah adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar Matematika yang diperoleh siswa dari sebelumnya. Pada sikltus I prosentase ketuntasan siswa 66,67% kemudian pada siklus kedua menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan basis enam dan sepuluh dapat meningkatkan keterampilan menjumlahkan satuan waktu pada siswa kelas 5 SDN Tanggul Wetan 05 Jember.

 

Kata Kunci :Peningkatan, Hasil Belajar, Basis Enam dan Sepuluh

 


[1] Guru Kelas V SDN Tanggul Wetan 05

Published
2014-08-01
How to Cite
SUPATMI, S. PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MENJUMLAHKAN SATUAN WAKTU DENGAN MENGGUNAKAN BASIS ENAM DAN SEPULUH PADA SISWA KELAS 5 SDN TANGGUL WETAN 05 JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 199-208, aug. 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/776>. Date accessed: 07 may 2024.
Section
Articles