MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGANBILANGAN BULAT DENGAN MEDIA MANIK – MANIK PADA SISWA KELAS IV SDN TANGGUL WETAN 02 TAHUN PELAJARAN 2011/2012 KECAMATAN TANGGUL – JEMBER
Abstract
Abstrak.Pelajaran matematika pada akhir - ahkir ini oleh sebagian anak masih dianggap sangat menakutkan dan kurang menarik. Disamping itu adanya arus globalisasi yang ditandai dengan semakin banyaknya permainan di luar sekolah seperti play stations ( PS ) dan semacamnya membuat seorang guru merasa kesulitan dalam menyampaikan materi pada pelajaran matematika karena dianggap kalah menarik dengan permainan yang ada di luar sekolah, sehingga anak malas untuk mempelajarinya.Guru harus bisa menyajikan pembelajaran yang menarik di dalam kelas. Salah satu cara yang dapat digunakan guru adalah menggunakan media. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan, aktivitas dan hasil belajar dalam penerapan pembelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan penguranganbilangan bulat dengan media manik – manik pada siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 02 Tahun Pelajaran 2011/2012 Kecamatan Tanggul – Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 Siklus.Berdasarkan hasil analisisdata aktivitas siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Aktivitas menggunakan media meningkat 23,3%, aktivitas bertanya meningkat 23,3% dan aktivitas memecahkan soal meningkat 26,7%. Hasil belajar. Siswa yang tuntas belajar meningkat 30,3% dan siswa yang tidak tuntas belajar menurun sebanyak 29,40%. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan media manik – manik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul – Jember Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata Kunci: pembelajaran matematika, media manik-manik