MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING DENGAN LAFAL DAN INTONASI YANG BENAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS 1 B SDN TANGGUL WETAN 02 JEMBER

  • J Jamila FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak.Keterampilan membaca harus dikuasai sejak dini, sejak mereka duduk di sekolah dasar, terutama pada kelas-kelas permulaan yaitu kelas1  dan Kelas 2. Kondisi riil di lapangan menunjukkan bahwa siswa-siswi di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember sebagian adalah siswa-siswi yang tidak berangkat dari pendididkan TK sehingga banyak diantara mereka yang baru mengenal baca tulis di lingkungan sekolah dasar sehingga mereka mengalami kesulitan dalam membaca nyaring.. Berdasarkan masalah di atas, maka dapatlah dirumuskan tujuan-tujuan penelitian ini, yaitu untuk: Meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas 1 B SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember dalam membaca nyaring dengan menggunakan Metode Drill pada semester I tahun pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pada siklus I 75% siswa masih memperoleh nilai cukup (51-70),  pada siklus II siswa telah membaca bacaan dengan benar, selain dapat mengidentifikasi ciri-ciri bentuk bacaan juga telah dapat menggunakan tanda-tanda baca secara benar dan tepat sesuai dengan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hasil pembelajaran pada tahap siklus II menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca dibandingkan dengan siklus I. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa peningkatan kemampuan membaca bacaan dengan metode drill telah berhasil dilaksanakan.

Kata kunci :Kemampan Membaca Nyaring, Bahasa Indonesia, Metode Drill


Author Biography

J Jamila, FKIP UNEJ

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING DENGAN LAFAL DAN INTONASI YANG BENAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS 1 B SDN TANGGUL WETAN 02 JEMBER

Jamila[1]

 

Abstrak.Keterampilan membaca harus dikuasai sejak dini, sejak mereka duduk di sekolah dasar, terutama pada kelas-kelas permulaan yaitu kelas1  dan Kelas 2. Kondisi riil di lapangan menunjukkan bahwa siswa-siswi di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember sebagian adalah siswa-siswi yang tidak berangkat dari pendididkan TK sehingga banyak diantara mereka yang baru mengenal baca tulis di lingkungan sekolah dasar sehingga mereka mengalami kesulitan dalam membaca nyaring.. Berdasarkan masalah di atas, maka dapatlah dirumuskan tujuan-tujuan penelitian ini, yaitu untuk: Meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas 1 B SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember dalam membaca nyaring dengan menggunakan Metode Drill pada semester I tahun pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pada siklus I 75% siswa masih memperoleh nilai cukup (51-70),  pada siklus II siswa telah membaca bacaan dengan benar, selain dapat mengidentifikasi ciri-ciri bentuk bacaan juga telah dapat menggunakan tanda-tanda baca secara benar dan tepat sesuai dengan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hasil pembelajaran pada tahap siklus II menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca dibandingkan dengan siklus I. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa peningkatan kemampuan membaca bacaan dengan metode drill telah berhasil dilaksanakan.

Kata kunci :Kemampan Membaca Nyaring, Bahasa Indonesia, Metode Drill


[1]Guru Kelas IB SDN TanggulWetan 02 KabupatenJember

Published
2014-08-01
How to Cite
JAMILA, J. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING DENGAN LAFAL DAN INTONASI YANG BENAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS 1 B SDN TANGGUL WETAN 02 JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 145-156, aug. 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/771>. Date accessed: 08 may 2024.
Section
Articles