PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MAGNET MELALUI METODE KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS 5 A SDN TANGGUL WETAN 02 JEMBER

  • Sri Endang Mujiati FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak.Hasil belajar siswa-siswa Kelas 5 A SDN Tanggul Wetan 02 Kabupaten Jember yang secara rerata belum memenuhi nilai Standar Kemampuan Minimal yaitu 7,5. Guru memilih salah satu keterampilan yang dapat dilatihkan dalam hal ini dengan melatih merencanakan eksperimen. Demikian halnya yang terjadi pada siswa Kelas 5 A SDN Tanggul Wetan 02, mereka tidak mengalami kesulitan yang berarti manakala harus menghafal konsep IPA, namun mereka akan kesulitan jika masalah yang dihadapi adalah memecahkan masalah yang membutuhkan analisis. Hal ini dimungkinkan karena siswa Kelas 5 A SDN Tanggul Wetan 02  kurang terlatih dalam pembelajaran yang menggali inkuiri sehingga mereka terjebak dalam hafalan semata. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan metode keterampilan proses sains materi gaya magnet dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas 5 A SDN Tanggul Wetan 02  Jember tahun pelajaran 2009-2010. Mendeskripsikan pelaksanaan metode Keterampilan Proses Sains dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya magnet pada siswa Kelas 5 A SDN Tanggul Wetan 02  Jember tahun pelajaran 2009-2010.Ketuntasan belajar siswa dari masing-masing siklus ada peningkatan. Pada siklus I siswa mendapat nilai dibawah 65 sebanyak 10 siswa dengan prosentase 35 %, siswa yang mendapat nilai antara 65-75 sebanyak 16 siswa dengan prosentase 57 %, yang mendapat nilai antara 76-100 sebanyak 2 siswa dengan prosentase 7 %. Kelompok ini merupakan siswa yang sudah tuntas, akan tetapi sedapat mungkin nilainya ditingkatkan semaksimal mungkin. Pada siklus II siswa yang mendapat nilai 76-100. ketuntasan mencapai 100%.

 

Kata Kunci :Peningkatan, Hasil Belajar, Metode Keterampilan Proses.


Author Biography

Sri Endang Mujiati, FKIP UNEJ

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MAGNET MELALUI METODE KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS 5 A SDN TANGGUL WETAN 02 JEMBER

 

 

Sri Endang Mujiati[1]

 

Abstrak.Hasil belajar siswa-siswa Kelas 5 A SDN Tanggul Wetan 02 Kabupaten Jember yang secara rerata belum memenuhi nilai Standar Kemampuan Minimal yaitu 7,5. Guru memilih salah satu keterampilan yang dapat dilatihkan dalam hal ini dengan melatih merencanakan eksperimen. Demikian halnya yang terjadi pada siswa Kelas 5 A SDN Tanggul Wetan 02, mereka tidak mengalami kesulitan yang berarti manakala harus menghafal konsep IPA, namun mereka akan kesulitan jika masalah yang dihadapi adalah memecahkan masalah yang membutuhkan analisis. Hal ini dimungkinkan karena siswa Kelas 5 A SDN Tanggul Wetan 02  kurang terlatih dalam pembelajaran yang menggali inkuiri sehingga mereka terjebak dalam hafalan semata. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan metode keterampilan proses sains materi gaya magnet dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas 5 A SDN Tanggul Wetan 02  Jember tahun pelajaran 2009-2010. Mendeskripsikan pelaksanaan metode Keterampilan Proses Sains dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya magnet pada siswa Kelas 5 A SDN Tanggul Wetan 02  Jember tahun pelajaran 2009-2010.Ketuntasan belajar siswa dari masing-masing siklus ada peningkatan. Pada siklus I siswa mendapat nilai dibawah 65 sebanyak 10 siswa dengan prosentase 35 %, siswa yang mendapat nilai antara 65-75 sebanyak 16 siswa dengan prosentase 57 %, yang mendapat nilai antara 76-100 sebanyak 2 siswa dengan prosentase 7 %. Kelompok ini merupakan siswa yang sudah tuntas, akan tetapi sedapat mungkin nilainya ditingkatkan semaksimal mungkin. Pada siklus II siswa yang mendapat nilai 76-100. ketuntasan mencapai 100%.

 

Kata Kunci :Peningkatan, Hasil Belajar, Metode Keterampilan Proses.


[1]Guru Kelas VA SDN TanggulWetan 02 Jember

Published
2014-08-01
How to Cite
MUJIATI, Sri Endang. PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MAGNET MELALUI METODE KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS 5 A SDN TANGGUL WETAN 02 JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 135-144, aug. 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/770>. Date accessed: 07 may 2024.
Section
Articles