PENGGUNAAN METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MENGIDENTIFIKASI CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI HEWAN PADA SISWA KELAS VI SDN DARUNGAN 02TANGGUL

  • S Sumono FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak.Penelitian ini diterapkan pada siswa Kelas 6 SDN Darungan 02 semester I tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 21 anak untuk mata pelajaran IPA tentang Ciri khusus yang dimiliki hewan. Hampir disemua proses pembelajaran, nilai yang diperoleh siswa ini masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Standar ketuntasan minimal nilai siswa secara individu adalah 75, secara klasikal nilai ketuntasan minimal harus mencapai 75% dari jumlah siswa, sedangkan pada tahap prasiklus ini hanya 6 siswa (25%) yang tuntas nilainya dari 21 siswa, sedangkan sejumlah 15 siswa (75%) masih mendapatkan nilai di bawah ketuntasan minimal. Berkaitan dengan hal tersebut di atas peneliti dapat memberikan gambaran tentang tujuan ini yang menyangkut berbagai aspek. Sehingga tujuan penelitian ini akan benar-benar mengarah pada rumusan masalah yang ada. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengidentifikasi cirri khusus yang dimiliki hewan di Kelas 6 SDN Darungan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember tahun 2010/2011 melalui metode STAD. Padasiklus I Siswa yang mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥ 70) sebanyak 6 anak atau sebesar29% dari total 21 siswa. Sisanya sebanyak 15 siswa atau sebesar 71% dari total 21 siswa belum mencapai KKM. Pada siklus I ini standar ketuntasan minimal individu dan klasikal belum tercapai, karena hanya 29% siswa yang mendapat tuntasnilai ≥ 70. Dan pada siklus II Rata-rata nilai kelas mencapai 84,00. Siswa yang mencapai KKM (nilai ≥ 70) sebanyak 21 anak atau sebesar 100 % dari total 21 siswa. Pada siklus II ini standar ketuntasan minimal individu dan klasikal sudah tercapai, karena 100% siswa sudah mencapai nilai tuntas, yaitu ≥ 70

Kata kunci :Metode STAD, Hasil Belajar, IPA


Author Biography

S Sumono, FKIP UNEJ

PENGGUNAAN METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MENGIDENTIFIKASI CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI HEWAN PADA SISWA KELAS VI SDN DARUNGAN 02TANGGUL

Sumono[1]

Abstrak.Penelitian ini diterapkan pada siswa Kelas 6 SDN Darungan 02 semester I tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 21 anak untuk mata pelajaran IPA tentang Ciri khusus yang dimiliki hewan. Hampir disemua proses pembelajaran, nilai yang diperoleh siswa ini masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Standar ketuntasan minimal nilai siswa secara individu adalah 75, secara klasikal nilai ketuntasan minimal harus mencapai 75% dari jumlah siswa, sedangkan pada tahap prasiklus ini hanya 6 siswa (25%) yang tuntas nilainya dari 21 siswa, sedangkan sejumlah 15 siswa (75%) masih mendapatkan nilai di bawah ketuntasan minimal. Berkaitan dengan hal tersebut di atas peneliti dapat memberikan gambaran tentang tujuan ini yang menyangkut berbagai aspek. Sehingga tujuan penelitian ini akan benar-benar mengarah pada rumusan masalah yang ada. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengidentifikasi cirri khusus yang dimiliki hewan di Kelas 6 SDN Darungan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember tahun 2010/2011 melalui metode STAD. Padasiklus I Siswa yang mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥ 70) sebanyak 6 anak atau sebesar29% dari total 21 siswa. Sisanya sebanyak 15 siswa atau sebesar 71% dari total 21 siswa belum mencapai KKM. Pada siklus I ini standar ketuntasan minimal individu dan klasikal belum tercapai, karena hanya 29% siswa yang mendapat tuntasnilai ≥ 70. Dan pada siklus II Rata-rata nilai kelas mencapai 84,00. Siswa yang mencapai KKM (nilai ≥ 70) sebanyak 21 anak atau sebesar 100 % dari total 21 siswa. Pada siklus II ini standar ketuntasan minimal individu dan klasikal sudah tercapai, karena 100% siswa sudah mencapai nilai tuntas, yaitu ≥ 70

Kata kunci :Metode STAD, Hasil Belajar, IPA


[1] Guru Kelas VI SDN Darungan 02 TanggulKabupatenJember

Published
2014-05-01
How to Cite
SUMONO, S. PENGGUNAAN METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MENGIDENTIFIKASI CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI HEWAN PADA SISWA KELAS VI SDN DARUNGAN 02TANGGUL. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 185-194, may 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/754>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles