MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (POKOK BAHASAN SISTEM TATA SURYA) MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIC SDN TANGGUL WETAN 02 JEMBER

  • Lilik Suharnanik FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak.Pembelajaran IPA di SD merupakan sarana yang tepat untuk mempersiapkan para siswa agar dapat memperoleh pengetahuan-pengetahuan yang baru sehingga apa yang mereka peroleh dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi pada kenyataannya prestasi belajar siswa dalam mempelajari konsep-konsep IPA tidak sesuai oleh harapan guru, karena dalam hal ini guru yang aktif dalam pembelajaran  untuk memindahkan pengetahuan yang dimilikinya sehingga pembelajaran berpusat pada guru dan pemahaman yang dicapai siswa bersifat instrumental, maka dari itu diadakan suatu tindakan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan danRefleksi. Sebagai Subjek penelitian adalah siswa kelas VIC SDN Tanggul Wetan 02 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis, yaitu: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar IPAyang diperoleh siswa dari sebelumnya. Pada kondisi awal rata-rata nilai siswa 52,57; kemudian pada tes siklus pertama 67, naik menjadi 86 pada siklus kedua. Kemudian adanya peningkatanprosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 40,54%; dan padates siklus pertama 91,89%; kemudian pada siklus kedua menjadi 100%.Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pembelajaran pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelasVIC SDN Tanggul Wetan 02 Jember.

 

Kata Kunci : Meningkatkan, Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual.

Author Biography

Lilik Suharnanik, FKIP UNEJ

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (POKOK BAHASAN SISTEM TATA SURYA) MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIC SDN TANGGUL WETAN 02 JEMBER

 

Lilik Suharnanik[1]

 

Abstrak.Pembelajaran IPA di SD merupakan sarana yang tepat untuk mempersiapkan para siswa agar dapat memperoleh pengetahuan-pengetahuan yang baru sehingga apa yang mereka peroleh dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi pada kenyataannya prestasi belajar siswa dalam mempelajari konsep-konsep IPA tidak sesuai oleh harapan guru, karena dalam hal ini guru yang aktif dalam pembelajaran  untuk memindahkan pengetahuan yang dimilikinya sehingga pembelajaran berpusat pada guru dan pemahaman yang dicapai siswa bersifat instrumental, maka dari itu diadakan suatu tindakan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan danRefleksi. Sebagai Subjek penelitian adalah siswa kelas VIC SDN Tanggul Wetan 02 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis, yaitu: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar IPAyang diperoleh siswa dari sebelumnya. Pada kondisi awal rata-rata nilai siswa 52,57; kemudian pada tes siklus pertama 67, naik menjadi 86 pada siklus kedua. Kemudian adanya peningkatanprosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 40,54%; dan padates siklus pertama 91,89%; kemudian pada siklus kedua menjadi 100%.Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pembelajaran pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelasVIC SDN Tanggul Wetan 02 Jember.

 

Kata Kunci : Meningkatkan, Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual.


[1]Guru Kelas VIC SDN TanggulWetan 02 KabupatenJember

Published
2014-05-01
How to Cite
SUHARNANIK, Lilik. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (POKOK BAHASAN SISTEM TATA SURYA) MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIC SDN TANGGUL WETAN 02 JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 175-184, may 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/752>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles