MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJARMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD MATA PELAJARAN IPS MATERI DOKUMEN DAN BENDA PENTING KELUARGA PADA SISWAKELAS II SDN TANGGUL WETAN 02 JEMBER

  • Linda Ratnaningtyas D.W. FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Pembelajaran  Kooperatif  model STAD Mata Pelajaran IPS Materi Dokumen dan BendaTenting Keluarga Pada Siswa Kelas II SDN Tanggul Wetan 02 untuk  Meningkatkan Aktivitas danHasil  Belajar  Siswa. Aktivitas merupakan segala tingkah laku siswa pada saat mengikutikegiatan belajar mengajar. Aktivitas merupakan prinsip atau asas yang sangatpenting dalam interaksi belajar. Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapatdipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan belajar merupakan proses,sedangkan prestasi merupakan hasil dari proses belajar. Hasil evaluasi secarakeseluruhan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu matapelajaran yang prestasinya rendah. Hal itu di buktikan  di SDN Tanggul Wetan 02 kelas 2 nilai IPS materi dokumen danbenda penting keluarga siswa yang lebih rendah di banding dengan nilai mata pelajaran lain, sertapenerapannya dalam kehidupan sehari-hari kurang diresapi oleh siswa. STAD merupakan salah satu metodepembelajaran yang paling sederhana, dan merupakan model yang paling baik untukpermulaan bagi para guru yang menggunakan pendekatan kooperatif. Berdasarkan masalah di atas, maka dapatlahdirumuskan tujuan-tujuan penelitian ini, yaitu untuk: MeningkatkanAktivitas dan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD MataPelajaran IPS Materi Dokumen Dan Benda Penting KeluargaPada  Siswa KelasII SDN Tanggul Wetan 02.Hasil penelitian menunjukkan bahwa,  dalam  pelaksanaan belajar mengajar siswa tergolongsangat aktif dan mengalami peningkatan skor rata-rata aktivitas siswa dari70,8% menjadi 76,2%. Untuk perolehan Hasil Belajar pada siklus I adalah 72%dan mengalami peningkatan pada siklus II, pada siklus II memperoleh hasilbelajar sebesar 81%.  Hal ini menunjukkan bahwapembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) mencapai peningkatan   Kata Kunci : Aktifitas dan Prestasi Belajar, IPS, Kooperatif ModelSTAD

Author Biography

Linda Ratnaningtyas D.W., FKIP UNEJ
MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJARMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD MATA PELAJARAN IPS MATERI DOKUMEN DAN BENDA PENTING KELUARGA PADA SISWAKELAS II SDN TANGGUL WETAN 02 JEMBER LindaRatnaningtyas D.W.[1] Abstrak. Pembelajaran  Kooperatif  model STAD Mata Pelajaran IPS Materi Dokumen dan BendaTenting Keluarga Pada Siswa Kelas II SDN Tanggul Wetan 02 untuk  Meningkatkan Aktivitas danHasil  Belajar  Siswa. Aktivitas merupakan segala tingkah laku siswa pada saat mengikutikegiatan belajar mengajar. Aktivitas merupakan prinsip atau asas yang sangatpenting dalam interaksi belajar. Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapatdipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan belajar merupakan proses,sedangkan prestasi merupakan hasil dari proses belajar. Hasil evaluasi secarakeseluruhan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu matapelajaran yang prestasinya rendah. Hal itu di buktikan  di SDN Tanggul Wetan 02 kelas 2 nilai IPS materi dokumen danbenda penting keluarga siswa yang lebih rendah di banding dengan nilai mata pelajaran lain, sertapenerapannya dalam kehidupan sehari-hari kurang diresapi oleh siswa. STAD merupakan salah satu metodepembelajaran yang paling sederhana, dan merupakan model yang paling baik untukpermulaan bagi para guru yang menggunakan pendekatan kooperatif. Berdasarkan masalah di atas, maka dapatlahdirumuskan tujuan-tujuan penelitian ini, yaitu untuk: MeningkatkanAktivitas dan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD MataPelajaran IPS Materi Dokumen Dan Benda Penting KeluargaPada  Siswa KelasII SDN Tanggul Wetan 02.Hasil penelitian menunjukkan bahwa,  dalam  pelaksanaan belajar mengajar siswa tergolongsangat aktif dan mengalami peningkatan skor rata-rata aktivitas siswa dari70,8% menjadi 76,2%. Untuk perolehan Hasil Belajar pada siklus I adalah 72%dan mengalami peningkatan pada siklus II, pada siklus II memperoleh hasilbelajar sebesar 81%.  Hal ini menunjukkan bahwapembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) mencapai peningkatan  Kata Kunci : Aktifitas dan Prestasi Belajar, IPS, Kooperatif ModelSTAD [1] Guru kelasIVB SDN Tanggul Wetan 02 Kabupaten Jember
Published
2014-05-01
How to Cite
D.W., Linda Ratnaningtyas. MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJARMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD MATA PELAJARAN IPS MATERI DOKUMEN DAN BENDA PENTING KELUARGA PADA SISWAKELAS II SDN TANGGUL WETAN 02 JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 143-152, may 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/750>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles