MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS RESENSI BUKUPENGETAHUAN MELALUI BAKU SIMPUL BERBINTANG PADA SISWA KELAS IX A SEMESTER SATU SMP NEGERI 1 WULUHAN

  • Ninik Sudarwati FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Hampirseparo darijumlah siswa di kelas IX A belum mampu mengembangkan ide, gagasan, pikiran, perasaan, daninformasi dalam bentuk resensi buku pengetahuan.Masih banyak siswa yang menulis dengan ide yangmeloncat-loncat.Siswa mengalami kebuntuan dalam menuliskan idenya­.Tidak lebih dari duakalimat yang ditulis siswa sudah mengakhiri tulisannya karena ragu-ragu dan takut salah. Pokok permasalahan dilulis dengan kalimat sumbang. Upaya untuk mengatasipermasalahan tersebut adalahmenyusun pembelajaran menulis resensi buku pengetahuan melalui Baku SimpulBerbintang. Metode Baku Simpul Berbintangadalah akronim dari membaca, diskusi, presentasi, kesimpulan,  dan berburu bintang..Tujuanpenelitian ini adalah untuk  memperolehgambaran tentangpeningkatan hasil belajar menulis resensi buku pengetahuanmelalui Baku Simpul Berbintang. Manfaat penelitian ini untuk menerapkan pembelajaran yang dapatmenumbuhkan motivasi, kreasi,dan semangat belajar siswa tetapi tetapmenyenangkan yang pada akhirnya siswa diharapkan memperolehhasil belajar yang lebih baik. Rancangan penelitianyang digunakan adalah rancangan Penelitian Tindakan Kelas. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mencapai ketuntasan nilai (nilai≥77)sebanyak 21 siswa atau 58% dari total 36 siswa. 15 siswa atau sebesar 42% belumtuntas. Ketuntasan belajar yang dijadikan standar di SMP Negeri 1 Wuluhan yaitusecara perorangan menguasai kompetensi dengan nilai 77 atau ≥77%, sedangkankeberhasilan kelas apabila 85% atau ≥85% dari jumlah siswa secara keseluruhanmemperoleh nilai 77 atau ≥77.Setelah dilakukan tindakan siklus II, Jumlah siswa yangmencapai ketuntasan belajar sebanyak 32 siswa (90 %) dan yang memperoleh nilaitidak tuntas sebayak 4 siswa (10 % ). Jadi siswa kelas IX A sudah mencapaiketuntasan belajar baik secara perorangan maupun klasikal.Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulisresensi buku pengetahuan melalui Baku Simpul Berbintang dapat meningkatkan hasil belajarsiswa. Kata Kunci : menulis resensi, bakusimpulberbintang

Author Biography

Ninik Sudarwati, FKIP UNEJ
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS RESENSI BUKUPENGETAHUAN MELALUI BAKU SIMPUL BERBINTANG PADA SISWA KELAS IX A SEMESTER SATU SMP NEGERI 1 WULUHAN Ninik Sudarwati[1]  Abstrak. Hampirseparo darijumlah siswa di kelas IX A belum mampu mengembangkan ide, gagasan, pikiran, perasaan, daninformasi dalam bentuk resensi buku pengetahuan.Masih banyak siswa yang menulis dengan ide yangmeloncat-loncat.Siswa mengalami kebuntuan dalam menuliskan idenya­.Tidak lebih dari duakalimat yang ditulis siswa sudah mengakhiri tulisannya karena ragu-ragu dan takut salah. Pokok permasalahan dilulis dengan kalimat sumbang. Upaya untuk mengatasipermasalahan tersebut adalahmenyusun pembelajaran menulis resensi buku pengetahuan melalui Baku SimpulBerbintang. Metode Baku Simpul Berbintangadalah akronim dari membaca, diskusi, presentasi, kesimpulan,  dan berburu bintang..Tujuanpenelitian ini adalah untuk  memperolehgambaran tentangpeningkatan hasil belajar menulis resensi buku pengetahuanmelalui Baku Simpul Berbintang. Manfaat penelitian ini untuk menerapkan pembelajaran yang dapatmenumbuhkan motivasi, kreasi,dan semangat belajar siswa tetapi tetapmenyenangkan yang pada akhirnya siswa diharapkan memperolehhasil belajar yang lebih baik. Rancangan penelitianyang digunakan adalah rancangan Penelitian Tindakan Kelas. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mencapai ketuntasan nilai (nilai≥77)sebanyak 21 siswa atau 58% dari total 36 siswa. 15 siswa atau sebesar 42% belumtuntas. Ketuntasan belajar yang dijadikan standar di SMP Negeri 1 Wuluhan yaitusecara perorangan menguasai kompetensi dengan nilai 77 atau ≥77%, sedangkankeberhasilan kelas apabila 85% atau ≥85% dari jumlah siswa secara keseluruhanmemperoleh nilai 77 atau ≥77.Setelah dilakukan tindakan siklus II, Jumlah siswa yangmencapai ketuntasan belajar sebanyak 32 siswa (90 %) dan yang memperoleh nilaitidak tuntas sebayak 4 siswa (10 % ). Jadi siswa kelas IX A sudah mencapaiketuntasan belajar baik secara perorangan maupun klasikal.Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulisresensi buku pengetahuan melalui Baku Simpul Berbintang dapat meningkatkan hasil belajarsiswa. Kata Kunci : menulis resensi, bakusimpulberbintang[1] Guru SMPN Negeri 1 Wuluhan Kabupaten Jember
Published
2014-05-01
How to Cite
SUDARWATI, Ninik. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS RESENSI BUKUPENGETAHUAN MELALUI BAKU SIMPUL BERBINTANG PADA SISWA KELAS IX A SEMESTER SATU SMP NEGERI 1 WULUHAN. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 127-142, may 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/749>. Date accessed: 22 june 2021.
Section
Articles