PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION OUTDOOR UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS V SDN BANDUNGREJOSARI 2 MALANG TAHUN AJARAN 2015/2016

  • Nury Yuniasih FKIP UNIKA

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efikasi diri siswa selama menerapkan Model Pembelajaran Group Investigation Outdoor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bandungrejosari 2 Malang tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 39 siswaJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa pemberian quisioner kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri siswa mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 75% meningkat menjadi 89% pada siklus II. Berdasarkan  hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation Outdoor dapat meningkatkan efikasi diri siswa kelas V SDN Bandungrejosari 2 Malang.

 

Kata kunci: Group Investigation Outdoor, efikasi diri, IPS SD

Author Biography

Nury Yuniasih, FKIP UNIKA

[1]

 


[1] Dosen Prodi PGSD FIP Universitas Kanjuruhan Malang

Published
2016-08-01
How to Cite
YUNIASIH, Nury. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION OUTDOOR UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS V SDN BANDUNGREJOSARI 2 MALANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 127-136, aug. 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/4058>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles