UPAYA MENGEMBANGKAN KARAKTER JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SEJAK DINI MELALUI PROGRAM MARKET DAY (KAJIAN PADA SDIT MUTIARA HATI MALANG)

  • Prihatin Sulistyowati FKIP UNIKA
  • S Salwa FKIP UNIKA

Abstract


 

Abstrak. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1). Untuk mengetahui pelaksanaan program market day , (2). Untuk mengetahui peran program market day dalam mengembangkan karakter jiwa kewirausahaan sejak dini pada siswa SDIT Mutiara Hati Malang. Sekolah sebagai institusi yang bertanggungjawab dalam mengembangkan kemampuan akademik dan non akademik mengadakan kegiatan penunjang berupa mengembangkan berbagai karakter positif siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan fnomenologi, sumber data didapatkan melalui wawancara, pengamatan (observasi), dokumentasi, dan angket.Populasi semua warga SDIT Mutiara Hati, sampel yang digunakan siswa-siswa SDIT Mutiara Hati yang aktif berjualan saat pelaksanaan program Market Days, guru-guru, serta Kepala sekolah. Analisis data secara induktif, pemaparan hasil penelitian bersifat deskritif. Dari hasil penelitian didapatkan informasi bahwa pelaksanaan program Market Days yang dilaksanakan setiap hari Rabu oleh pihak sekolah yang merupakan kegiatan penunjang pendidikan dapat berlangsung secara rutin, sehingga hal itu membangun budaya atau kebiasaan yang positif bagi warga sekolah tersebut. Khususnya bagi para siswa mengenal kegiatan berdagang kemudian terbiasa dan dari kebiasaan tersebut tumbuh dalam diri siswa karakter seorang wirausahawan yaitu: berani mengambil resiko, bertanggungjawab, komunikatif, manajemen keuangan.

Kata kunci: Market days, karakter kewirausahaan

                                                                     

Author Biography

Prihatin Sulistyowati, FKIP UNIKA

[1], Salwa[2]                        


[1] Dosen Universitas Kanjuruhan Malang

[2] Dosen Universitas Kanjuruhan Malang

Published
2016-08-01
How to Cite
SULISTYOWATI, Prihatin; SALWA, S. UPAYA MENGEMBANGKAN KARAKTER JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SEJAK DINI MELALUI PROGRAM MARKET DAY (KAJIAN PADA SDIT MUTIARA HATI MALANG). Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 111-120, aug. 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/4056>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles