PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH IPA SD BERBASIS KARAKTER
Abstract
Abstrak. Pengembangan karakter dilakukan pada semua jenjang pendidikan, salah satunya perguruan tinggi. Pengembangan karakter ini dapat dilakukan melalui internalisasi pada bahan ajar yang digunakan oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mendeskripsikan repson pengguna bahan ajar pada mata kuliah IPA SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminate). Adapun subyek uji coba adalah mahasiswa PGSD kelas D angkatan tahun 2014. Data yang ada dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk data kualitatif dan analisa statistik untuk data kuantitatif hasil penilaian bahan ajar oleh ahli. Berdasarkan hasil validasi terhadap ahli materi, bahasa dan penyajian didapatkan hasil masing – masing 86%, 88%, 87,5%. Hasil penilaian dari dosen pengampu mata kuliah IPA SD pada masing – masing aspek terdiri dari 85 %, 88% dan 92%. Respon mahasiswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan adalah mahasiswa merasa tertarik karena bahan ajar yang dikembangkan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, memuat banyak gambar konsep materi IPA, menyajikan permasalahan sehari – hari yang dikenal oleh mahasiswa. Pada aspek karakter mahasiswa, karakter yang muncul selama proses pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA berbasis karakter adalah : 1). Disiplin, 2). Toleran, 3). Tanggung jawab, 4). Jujur, 5). Berpikir logis, kritis, keratif dan inovatif, 6). Rasa ingin tahu, 7). Peduli sosial dan lingkungan, 8). Sadar akan hak dan kewajiban orang lain,
Kata Kunci: Bahan ajar, karakter, mata kuliah IPA SD