PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN GUMELAR 03 BALUNG
Abstract
Abstrak: Pada tahun pelajaran sebelumnya, sebagian besar peserta didik kesulitan memahami konsep cerita anak. Sementara itu pada awal semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 dijumpai peserta dengan karakteristik pemahaman yang rendah. Ketuntasan klasikal pada ulangan harian sebelumnya hanya 45%. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan cerita anak, melalui perbaikan kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Penelitian dilakukan selama 2 siklus, melibatkan 11 peserta didik kelas VI SDN Gumelar 03 Balung. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah 85% peserta didik tuntas mencapai nilai KKM 65. Data diperoleh melalui tes sebagai data utama, serta penyebaran angket di akhir siklus sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara signifikan pada prestasi belajar, yaitu 90% peserta didik tuntas. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 45% dari siklus sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan cerita anak.
Kata Kunci: Peningkatan hasil belajar, Media audio visual, SDN Gumelar 03.