PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD PADA SISWA KELAS VI SEMESTER 2 SDN KARANGSEMANDING 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

  • Setyagung Budi Cahyono FKIP UNEJ

Abstract


Abstrak: Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif. Untuk itu aktifitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas dengan bekerja dalam kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:  (1) Metode pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. (2) Metode pembelajaran kooperatif model STAD memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestsi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (68,96%), siklus II (86,20%), siklus III (100%). (3)Metode pembelajaran kooperatif model STAD dapat menjadikan siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide, dan pertanyaan.  (4) Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok, serta mampu mempertanggungjawabkan tugas individu maupun kelompok.

 

Kata Kunci: Prestasi belajar, Pembelajaran kooperatif, Model STAD

 

Author Biography

Setyagung Budi Cahyono, FKIP UNEJ

 

 

[1]

 


[1] Guru SDN Karangsemanding 02 Jember

Published
2016-08-01
How to Cite
CAHYONO, Setyagung Budi. PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD PADA SISWA KELAS VI SEMESTER 2 SDN KARANGSEMANDING 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 37-50, aug. 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/4049>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles