ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VI SDN KANIGORO 02 KECAMATAN PAGELARAN YANG BERBAHASA IBU BAHASA MADURA

  • Dwi Agus Setiawan FKIP UNIKA

Abstract

 

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kanigoro 02 Kecamatan Pagelaran Malang,dengan Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan wujud kesalahan sintaksis bahasa Indonesia pada kalimat tunggal dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Kanigoro 02 kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang yang berbahasa ibu bahasa Madura;(2)Mendeskripsikan wujud kesalahan sintaksis bahasa Indonesia pada kalimat majemuk dalam karangan siswa kelas VI SDN Kanigoro 02  II yang berbahasa ibu bahasa Madura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Kanigoro 02 yang berbahasa ibu bahasa Madura dengan jumlah 19 siswa, sumber data penelitian ini adalah hasil karangan siswa kelas VI SD, dan data penelitian ini adalah kalimat tunggal dan kalimat majemuk bahasa Indonesia yang melanggar bahasa pada tataran sintaksis yang terdapat dalam karangan bebas siswa kelas VI SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 dari 18 siswa atau 72 % siswa melakukan kesalahan dalam karangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesalahan sintaksis pada kalimat tunggal yang dilakukan oleh siswa kelas VI SDN Kanigoro 02 yang berbahasa ibu bahasa Madura. Kesalahan tersebut adalah (1) kalimat tunggal yang tidak gramatikal, (2) kalimat tunggal yang tidak padu, (3) kalimat tunggal yang tidak efektif, dan (4) kalimat tunggal yang dipengaruhi oleh bahasa Madura. Kesalahan sintaksis pada kalimat majemuk setara adalah (1) kalimat majemuk setara yang tidak gramatikal,(2) kalimat majemuk setara yang tidak padu, (3) kalimat majemuk setara yang tidak efektif, dan (4) kalimat majemuk setara.

 

Kata kunci: kesalahan sintaksis, karangan bahasa Indonesia, bahasa ibu bahasa Madura


Author Biography

Dwi Agus Setiawan, FKIP UNIKA

 

[1]

 

[1] Dosen Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang

Published
2016-08-01
How to Cite
SETIAWAN, Dwi Agus. ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VI SDN KANIGORO 02 KECAMATAN PAGELARAN YANG BERBAHASA IBU BAHASA MADURA. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 25-36, aug. 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/4047>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles