IMPLEMENTASI METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELAS B DI PAUD SARIN RARE MAS UBUD

  • Luh Putu Indah Budyawati FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak TK B PAUD Sarin Rare Mas Ubud melalui metode Mind Map dan untuk mendeskripsikan respon anak terhadap implementasinya. Metode yang yang diimplementasikan dalam penelitian ini adalah metode Mind Map yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasSubjek penelitian ini berjumlah 16 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 wanita. Objek penelitian ini, yaitu: Mind Map, kemampuan bercerita dan respon anak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian ini mengungkapkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Implementasi Mind Map dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B PAUD Sarin Rare, Mas, Ubud. Terjadi peningkatan kemampuan bercerita anak dari siklus I ke siklus II sebesar 10.09%. (2) Tanggapan anak anak kelompok B PAUD Sarin Rare, Mas, Ubud terhadap implementasi Mind Map sangat positif. Anak menyatakan senang mengikuti kegiatan yang diberikan oleh guru.

 

Kata kunci: Mind Mapkemampuan bercerita.

 

 

Author Biography

Luh Putu Indah Budyawati, FKIP UNEJ

IMPLEMENTASI METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELAS B

DI PAUD SARIN RARE MAS UBUD

 [1]

 

 

[1] Dosen Prodi PAUD FKIP Universitas Jember

Published
2016-08-01
How to Cite
BUDYAWATI, Luh Putu Indah. IMPLEMENTASI METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELAS B DI PAUD SARIN RARE MAS UBUD. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 1-16, aug. 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/4045>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles