IMPLEMENTASI METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELAS B DI PAUD SARIN RARE MAS UBUD
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak TK B PAUD Sarin Rare Mas Ubud melalui metode Mind Map dan untuk mendeskripsikan respon anak terhadap implementasinya. Metode yang yang diimplementasikan dalam penelitian ini adalah metode Mind Map yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini berjumlah 16 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 wanita. Objek penelitian ini, yaitu: Mind Map, kemampuan bercerita dan respon anak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian ini mengungkapkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Implementasi Mind Map dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B PAUD Sarin Rare, Mas, Ubud. Terjadi peningkatan kemampuan bercerita anak dari siklus I ke siklus II sebesar 10.09%. (2) Tanggapan anak anak kelompok B PAUD Sarin Rare, Mas, Ubud terhadap implementasi Mind Map sangat positif. Anak menyatakan senang mengikuti kegiatan yang diberikan oleh guru.
Kata kunci: Mind Map, kemampuan bercerita.