PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE DI SMA NEGERI PURWODADI

  • Tri Ariani
  • Nurma Fitriyani

Abstract

 

Abstrak. Fisika merupakan pelajaran yang saat ini masih dianggap sulit bagi siswa, apalagi jika penyajiannya kurang menarik yang disebabkan karena proses belajar mengajar yang masih berpusat pada guru sehingga pada penerapannya guru lebih berperan aktif dan siswa cenderung lebih pasif. Hal semacam ini akan menjadikan pandangan siswa terhadap pelajaran fisika sebagai pelajaran yang sangat membosankan dan menyusahkan serta munculah kejenuhan siswa akibatnya siswa kurang tertarik terhadap mata pelajaran fisika yang pada akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran fisika di SMAN Puwodadi masih kurang, disebabkna karena minimnya penggunaaan model pembelajaran. Oleh karena itu, diadakan penelitian dengan membandinkan dua model ppembelajaran. Masalah penelitian adalah Apakah hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran group investigation lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas X SMA Negeri Purwodadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif  dengan metode penelitian eksperimen (experiment research) yang menggunakan kelas pembanding. Sebagai populasinya adalah seluruh kelas X SMA Negeri Purwodadi tahun pelajaran 2013/2014, yang terdiri dari 179 siswa dan sebagai sampel adalah kelas X.2 dan X.3 yang diambil secara acak 70 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis uji-t pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung (2,508) > ttabel (2,000), sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran group investigation lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas X SMA Negeri Purwodadi.

 

Kata Kunci: Group Investigation, Think Pair Share, Hasil Belajar Fisika


Author Biography

Tri Ariani

[1], 2]

 

 

[1] Dosen Prodi Pendidikan Fisika STKIP-PGRI Lubuklinggau

[2] Dosen Prodi Pendidikan Fisika STKIP-PGRI Lubuklinggau

Published
2017-01-03
How to Cite
ARIANI, Tri; FITRIYANI, Nurma. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE DI SMA NEGERI PURWODADI. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 179-190, jan. 2017. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3778>. Date accessed: 17 dec. 2017.
Section
Articles