PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK/TUGAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 3 TLOGOSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Abstrak. Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Proyek/Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Pada Siswa Kelas IV Semester I SDN 3 Tlogosari Tahun Pelajaran 2016/2017. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Proyek/Tugas dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya? Sedangkan Tujuan dari penelitian ini mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis proyek/tugas dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN 3 Tlogosari Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Stubondo. Jumlah objek penelitian ini adalah 26 siswa. Dimana pada siswa kelas IV diberi perlakuan sesuai dengan siklus I, yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kontekstual berbasis Proyek/tugas untuk mengetahui apakah model pembelajaran yang dipakai dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam materi menggolongkan Hewan berdasarkan jenis makanannya, sehingga nantinya akan berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswa. Pada akhir Proses Pembelajaran Siswa dievaluasi kemudian jawaban siswa dianalisis, berdasarkan penghitungan dari hasil evaluasi pembelajaran pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan adalah 65,38%. Dengan demikian secara klasikal dikatakan hasil yang diperoleh pada kategori tidak tuntas, ada 17 siswa yang tuntas dan 9 siswa yang belum tuntas. Pada siklus ke II diperoleh persentase ketuntasan belajar mencapai 75,86%, ada 20 siswa yang tuntas belajar dan 6 siswa pada kategori belum tuntas, dan pada hasil analisis siklus ke III diperoleh persentase ketuntasan belajar mencapai 88,46 % hasil ini menunjukkan persentase ketuntasan belajar pada kategori berhasil, ada 23 siswa yang tuntas dan 3 siswa pada kategori belum tuntas belajar. Dari hasil analisis Evaluasi belajar pada siklus I, II dan III dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini, bahwa dengan penerapan Pembelajaran dengan Model kontekstual berbasis proyek/tugas dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPA materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada SDN 3 Tlogosari Tahun pelajaran 2016-2017. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas ini, pihak sekolah dalam hal ini SD Negeri 3 Tlogosari dapat mempunyai kesimpulan bahwa Dengan menggunakan Pembelajaran dengan Model Kontekstual berbasis Proyek/Tugas pada pelajaran IPA Materi menggolongkan hewan berdaarkan jenis makanannya dapat meningkatkan Prestasi Belajar siswa. Untuk guru, PTK ini dapat dipakai sebagai rujukan untuk lebih meningkatkan dan mengoptimalkan Proses Pembelajaran dengan penggunaan Metode Pembelajaran dengan model Kontekstual berbasis Proyek/Tugas sehingga Proses pembelajaran di kelas akan lebih bervariasi dan mengurangi rasa jenuh siswa dalam menerima proses pembelajaran, dengan harapan akan berpengaruh pada Hasil Belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA.
Kata Kunci: Kontekstual Berbasis Proyek/Tugas, Hasil Belajar