PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBUATAN REPLIKA VIRUS 3 DIMENSI PADA MATERI VIRUS DI SMA NEGERI I ASEMBAGUS SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

  • Retno Dwi Susanti FKIP UNEJ

Abstract

 

Abstrak. Model pembelajaran diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kemampuan siswa dalam setiap kelas dan pada setiap materi sangatah berbeda. Pemilihan model pembelajaran merupakan perihal penting bagi guru untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa.  Pemilihan model pembelajaran ini tentunya disesuaikan dengan materi ajar yang akan disampaikan kepada siswa.Pembelajaran berbasis proyek dengan membuat replica virus 3 dimensi diterapkan pada materi virus kelas X SMA semester ganjil. Tujuan penerapan model pembelajaran yaitu peningkatan hasil belajar setelah motivasi belajar meningkat.     Pembelajaran dengan mengaplikasikan model proyek dengan membuat model virus 3 dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran proyek dengan membuat model virus 3 dimensi sangat menyenangkan bagi siswa karena dapat beraktifitas secara berkelompok, berkreasi dengan kreatifitas masing-masing dalam memilih juga merancang alat dan bahan yang dimiliki serta dapat mempresentasikan produk hasil kerja kelompoknya. Model pembelajaran ini diterapkan dengan 2 siklus. Siklus 1 dibandingkan dengan hasil belajar sebelum penerapan model proyek dengan membuat model virus 3 dimensi yaitu metode diskusi. Data awal hanya mendapatkan data hasil belajar aspek pengetahuan karena untuk aspek sikap dan keterampilan tidak dapat diperoleh disebabkan aspek sikap dan keterampilan tidak terobservasi. Pada siklus 1 hasil belajar aspek pengetahuan meningkat dibanding data awal. Rata- rata kelas, nilai tertinggi, nilai terendah, jumlah siswa yang tuntas meningkat dibandingkan awal sebelum penerapan pembelajaran proyek dengan pembuatan model virus 3 dimensi. Jumlah siswa yang belum tuntas pada siklus 1 lebih sedikit atau menurun jumlahnya dibanding data awal. Sebelum penerapan pembelajaran model proyek nilai rata-rata kelas 62 sedangkan setelah penerapan pembelajaran model proyek pembuatan replica virus nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68. Nilai tertinggi yang dapat dicapai siswa juga mneingkat dari 70 menjadi 78. Nilai terendah yang dicapai siswa juga mengalami peningkatan dari 23 menjadi 62. Peningkatan jumlah siswa yang tuntas juga dapat dicapai dari 18 orang menjadi 22 orang. Jumlah siswa yang tidak tuntas mengalami penurunan dari 15 orang menjadi 11 orang. Pada siklus 2 rata-rata aspek sikap, aspek keterampilan serta aspek pengetahuan siswa lebih meningkat dibandingkan siklus 1. Aspek sikap meningkat sebesar 5.19% dari 84.81% menjadi 89%, aspek keterampilan meningkat sebesar 3.72% dari 84.03% pada siklus 1 menjadi 87.75% pada siklus 2. Aspek pengetahuan juga mengalami peningkatan dari 66.67% pada siklus 1 menjadi 72.72% pada siklus 2. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran berbasis proyek melalui pembuatan model virus 3 dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri I Asembagus Situbondo tahun pelajaran 2015/2016.

Kata kunci; pembelajaran berbasis proyek, replica virus 3 dimensi, SMA Negeri I Asembagus Situbondo


[1] Guru Biologi SMAN 1 Asembagus Situbondo

Published
2016-05-01
How to Cite
SUSANTI, Retno Dwi. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBUATAN REPLIKA VIRUS 3 DIMENSI PADA MATERI VIRUS DI SMA NEGERI I ASEMBAGUS SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 119-134, may 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3025>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles