PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IA SDN SIDOMEKAR 08 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015

  • K Kamsiyatun FKIP UNEJ

Abstract

 

 

Abstrak. Pembelajaran matematika adalah proses pemberian pengalaman belajar kepada peserta didik melalui serangkaian kegiatan yang terencana sehingga peserta didik memperoleh kompetensi tentang bahan matematika yang dipelajari. Pembelajaran Matematika harus diajarkan dengan metode-metode mengajar yang tepat atau bisa dengan menggunakan bantuan media pengajaran. Di SDN Sidomekar 08 masih menggunakan cara mengajar yang monoton sehingga hasil belajar rendah. Maka dari itu diadakan penelitian dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IA SDN Sidomekar 08 Semboro. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran matematika, bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan media gambar berlangsung, dan bagaimana hasil belajar siswa setelah kegiatan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Sidomekar 08 Semboro yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Aktivitas belajar siswa yang diamati adalahmemperhatikan penjelasan guru, ketelitian dalam mengerjakan soal, presentasi, menjawab soal. Prosentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 56,25%, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 87,5%. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media gambar juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus dari jumlah 28 siswa terdapat 10 siswa yang mendapat skor ≥ 65, persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 35,7 %, pada siklus I terjadi peningkatan dari jumlah 28 siswa terdapat 18 siswa yang mendapat skor ≥ 65, dan dikatakan tuntas secara klasikal mencapai 64,3 %. Pada siklus II terjadi peningkatan dari 28 siswa terdapat 25 siswa yang mendapat skor ≥ 65 dan dikatakan tuntas secara klasikal sebesar 89,3 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IA SDN Sidomekar 08 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember.

Kata kunci: Media Gambar, Hasil Belajar


[1] Guru Kelas I-A SDN Sidomekar 08 Semboro

Published
2016-05-01
How to Cite
KAMSIYATUN, K. PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IA SDN SIDOMEKAR 08 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 91-102, may 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3023>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles