UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE “CONFERENCE WRITING “ PADA SISWA KELAS VIIIB SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 ASEMBAGUS KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

  • Nur Komariyah FKIP UNEJ

Abstract

 

Abstrak: Makalah ini membahas hasil penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan metode “Conference Writing “ pada materi keterampilan menulis puisi. Metode “Conference Writing” dipilih dikarenakan metode “Conference Writing mempunyai karakteristik menonjol yang diperkirakan dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIIIB di SMPN 2 Asembagus. Metode yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, angket dan tes kompetensi. Selama pembelajaran ini berlangsung keterampilan menulis puisi siswa  mengalami peningkatan.

Kata kunci: Metode “Conference Writing, Keterampilan menulis puisi, pembelajaran Bahasa Indonesia


[1] Guru SMPN 2 Asembagus Situbondo

Published
2016-05-01
How to Cite
KOMARIYAH, Nur. UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE “CONFERENCE WRITING “ PADA SISWA KELAS VIIIB SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 ASEMBAGUS KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 63-76, may 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3021>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles