PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN INDEX CARD MATCH DI KELOMPOK B TK QURROTA A'YUN III SAWOJAJAR MALANG

  • Laily Nur Aisiyah FKIP UNEJ

Abstract

 

Abstrak: Kecenderungan anak untuk tidak mau mengikuti aturan yang disepakati misalnya bergantian dalam menggunakan alat-alat permainan, membatasi diri dalam pergaulan, kecenderungan bermain dengan teman tertentu yang memiliki tingkat kemampuan kognitif yang setara, dan sikap merasa berkuasa terhadap teman lain bagi anak yang punya kelebihan fisik dari yang lain, menunjukkan rendahnya kemampuan sosial anak di kelompok B di TK Qurrota A’yun III Sawojajar Malang. Padahal kemampuan sosial merupakan hal sangat penting dimiliki oleh seseorang dan harus ditanamkan sejak dini pada anak. Untuk meningkatkan kemampuan sosial anak, dilakukan penelitian dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Kesimpulan dari penilaian selama penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif menggunakan teknik permainan index card match dapat meningkatkan kemampuan sosial anak di kelompok B TK Qurrota A’yun III Sawojajar Malang. Peningkatan kemampuan sosial tersebut ditandai dengan: (1) anak mau mengikui peraturan yang ada, yaitu peraturan sederhana  selama permainan index card match; (2) rasa senang anak dalam bermain dengan teman secara berkelompok; (3) kemauan anak untuk mengerjakan tugas secara berkelompok; (4) anak mau menolong temannya yang lain selama berlangsung pembelajaran; (5) adanya komunikasi antar anak dan kemauan anak untuk mengajak temannya bermain.

Kata Kunci:Kemampuan sosial, pembelajaran kooperatif, permainan index card match


[1] Dosen PAUD FKIP Universitas Jember

Published
2016-05-01
How to Cite
AISIYAH, Laily Nur. PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN INDEX CARD MATCH DI KELOMPOK B TK QURROTA A'YUN III SAWOJAJAR MALANG. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 51-62, may 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3020>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles