MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BILANGAN PANGKAT DAN AKAR PANGKAT DUA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT PADA SISWA KELAS V SDN SIDOMEKAR 08 KECAMATAN SEMBORO

  • Yayuk Jatining Rahayu FKIP UNEJ

Abstract

 

Abstrak. Matematika merupakan ilmu yang mendasari perkembangan teknologi modern. Selain itu, matematika merupakan sarana berpikir dalam menentukan sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai peran penting dalam berbagai macam disiplin, dan dapat memajukan daya pikir manusia. Mata pelajaran matematika diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analistis, sistematis, kritis, kreatif dan kemampuan bekerja sama. Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan  akademik. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana aktivitas siswa dan hasil belajar selama penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT pokok bahasan bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua sebagai pada siswa kelas V SDN Sdomekar 08 Tahun Pelajaran 2015/2016 Kecamatan Semboro – Jember ?,Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, Aktivitas dan hasil belajar siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT pokok bahasan bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua sebagai pada siswa kelas V SDN Sidomekar 08 Tahun Pelajaran 2015/2016 Kecamatan Semboro – Jember. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN Sidomekar 08 kecamatan Semboro - Jember yang berjumlah 30 siswa.. Penerapan pembelajaran NHT dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar dalam pembelajaran. Pada siklus I ketuntasan klasikal siswa adalah 65,5%. Pada siklus II ketuntasan klasikal siswa adalah 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aktifitas dan hasil belajar selama pembelajaran dengan penerapan Metode pembelajaran NHT meningkat dan dikatakan tuntas

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran NHT


[1] Guru Kelas V SDN Sidomekar 08 Semboro

Published
2016-05-01
How to Cite
RAHAYU, Yayuk Jatining. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BILANGAN PANGKAT DAN AKAR PANGKAT DUA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT PADA SISWA KELAS V SDN SIDOMEKAR 08 KECAMATAN SEMBORO. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 15-24, may 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3017>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles