gaya belajar mahasiswa pendidikan biologi tahun pertama di jurusan biologi fmipa unp

  • Relsas Yogica FKIP UNIPA
  • Fatma Rahmadhani FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Pada saat awal perkuliahan salah satu hal yang harus dipahami oleh seorang dosen adalah mengenali gaya belajar mahasiswa. Sangat dibutuhkan pengetahuan awal mengenai kondisi siswa agar tercapai tujuan instruksional suatu proses pembelajaran. Dengan mengetahui gaya belajar mahasiswa, dosen dapat merancang teknik atau metode perkuliahan yang efektif, membuka kesempatan untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih produktif, serta merancang pendekatan yang sesuai untuk setiap kegiatan pembelajaran. Bagi mahasiswa penelitian ini akan berguna untuk mengetahui apakah metode belajar yang digunakan selama ini sesuai dengan gaya belajar yang dimilikinya dan membuka kesempatan untuk mengubah kebiasaan belajar tersebut, juga dapat menjadi acuan jenis karir apa yang kira-kira sesuai untuk dijalani. Dengan memahami pentingnya pengetahuan awal mengenai gaya belajar mahasiswa, peneliti telah mendeskripsikan gaya belajar mahasiswa baru program studi pendidikan biologi tahun masuk 2015 jurusan biologi fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas negeri padang. Dari 111 orang mahasiswa yang menjadi objek penelitian, diketahui 55 orang (49,54%) diantaranya adalah mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual. 41 orang (36,93%) diantaranya adalah mahasiswa yang memiliki gaya belajar audio dan sisanya yang berjumlah 15 orang (13,51%) memiliki gaya belajar kinestetik. Hasil ini memberikan informasi kepada dosen yang mengajar di program studi dan mahasiswa program studi pendidikan biologi untuk menggunakan metode pembelajaran dan media yang tepat dan bervariasi selama proses perkuliahan.

 

Kata Kunci: Learning style, visual, auditory, kinesthetic

Author Biography

Relsas Yogica, FKIP UNIPA
gaya belajar mahasiswa pendidikan biologi tahun pertama di jurusan biologi fmipa unp

 

Relsas Yogica[1], Fatma Rahmadhani[2]

 

Abstrak. Pada saat awal perkuliahan salah satu hal yang harus dipahami oleh seorang dosen adalah mengenali gaya belajar mahasiswa. Sangat dibutuhkan pengetahuan awal mengenai kondisi siswa agar tercapai tujuan instruksional suatu proses pembelajaran. Dengan mengetahui gaya belajar mahasiswa, dosen dapat merancang teknik atau metode perkuliahan yang efektif, membuka kesempatan untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih produktif, serta merancang pendekatan yang sesuai untuk setiap kegiatan pembelajaran. Bagi mahasiswa penelitian ini akan berguna untuk mengetahui apakah metode belajar yang digunakan selama ini sesuai dengan gaya belajar yang dimilikinya dan membuka kesempatan untuk mengubah kebiasaan belajar tersebut, juga dapat menjadi acuan jenis karir apa yang kira-kira sesuai untuk dijalani. Dengan memahami pentingnya pengetahuan awal mengenai gaya belajar mahasiswa, peneliti telah mendeskripsikan gaya belajar mahasiswa baru program studi pendidikan biologi tahun masuk 2015 jurusan biologi fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas negeri padang. Dari 111 orang mahasiswa yang menjadi objek penelitian, diketahui 55 orang (49,54%) diantaranya adalah mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual. 41 orang (36,93%) diantaranya adalah mahasiswa yang memiliki gaya belajar audio dan sisanya yang berjumlah 15 orang (13,51%) memiliki gaya belajar kinestetik. Hasil ini memberikan informasi kepada dosen yang mengajar di program studi dan mahasiswa program studi pendidikan biologi untuk menggunakan metode pembelajaran dan media yang tepat dan bervariasi selama proses perkuliahan.

 

Kata Kunci: Learning style, visual, auditory, kinesthetic


[1] Dosen Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Padang

[2] Dosen Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Padang

Published
2016-02-01
How to Cite
YOGICA, Relsas; RAHMADHANI, Fatma. gaya belajar mahasiswa pendidikan biologi tahun pertama di jurusan biologi fmipa unp. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 95-104, feb. 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2606>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles