PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn SMA DI KOTA SEMARANG (Studi Eksperimen Mata Pelajaran PPKn Kurikulum 2013)

  • Rahmat Sudrajat FKIP UNS

Abstract

Abstrak. Fenomena yang terjadi di lapangan selama ini menunjukan bahwa dalam praktik pembelajaran PPKn di sekolah-sekolah, terutama di tingkat SMA guru masih sering menggunakan pembelajaran konvensional, dimana guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam menyampaikan materi. Salah satu pembelajaran yang mendorong siswa dan guru melakukan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan yaitu pembelajaran project citizen. Penelitian ini mengambil sampel di SMA N 3 Semarang dan SMA Ksatrian 1 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penggunaan model pembelajaran konvensional dan pembelajaran project citizen keduanya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tetapi peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran project citizen mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Di SMA N 3 Semarang peningkatannya mencapai 19,3%  dan di SMA Ksatrian 1 Semarang peningkatannya mencapai 14,3%. Kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran project citizen dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran PPKn berbasis project citizen ini direkomendasikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk merangsang keterlibatan seluruh potensi diri siswa sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Dari hasil diatas  rekomendasi penelitian ini ditujukan kepada para guru SMA dalam  pembelajaran PPKn di SMA

Kata Kunci: project citizen , hasil belajar siswa, Mata Pelajaran PPKn


Author Biography

Rahmat Sudrajat, FKIP UNS

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn SMA DI KOTA SEMARANG

(Studi Eksperimen Mata Pelajaran PPKn Kurikulum 2013)

Rahmat Sudrajat[1]

Abstrak. Fenomena yang terjadi di lapangan selama ini menunjukan bahwa dalam praktik pembelajaran PPKn di sekolah-sekolah, terutama di tingkat SMA guru masih sering menggunakan pembelajaran konvensional, dimana guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam menyampaikan materi. Salah satu pembelajaran yang mendorong siswa dan guru melakukan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan yaitu pembelajaran project citizen. Penelitian ini mengambil sampel di SMA N 3 Semarang dan SMA Ksatrian 1 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penggunaan model pembelajaran konvensional dan pembelajaran project citizen keduanya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tetapi peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran project citizen mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Di SMA N 3 Semarang peningkatannya mencapai 19,3%  dan di SMA Ksatrian 1 Semarang peningkatannya mencapai 14,3%. Kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran project citizen dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran PPKn berbasis project citizen ini direkomendasikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk merangsang keterlibatan seluruh potensi diri siswa sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Dari hasil diatas  rekomendasi penelitian ini ditujukan kepada para guru SMA dalam  pembelajaran PPKn di SMA

Kata Kunci: project citizen , hasil belajar siswa, Mata Pelajaran PPKn


[1] Dosen Mata Kuliah PPKn Universitas PGRI Semarang

Published
2016-02-01
How to Cite
SUDRAJAT, Rahmat. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn SMA DI KOTA SEMARANG (Studi Eksperimen Mata Pelajaran PPKn Kurikulum 2013). Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 29-44, feb. 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2601>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles